Jembatan Cisomang Diperbaiki,

Waktu Tempuh Bandung-Purwakarta 6 Jam

FOTO | IstimewaJembatan Cisomang
A A A

JAKARTA — Penumpang bus dari Bandung menuju Bekasi ataupun Jakarta mengeluhkan lamanya perjalanan.

Perjalanan Bandung-Purwakarta dalam kondisi normal hanya menghabiskan 1 sampai 1,5 jam. Namun, hari ini, lama perjalanan 6-7 jam.

"Saya naik bus Primajasa. Dari Cileunyi, Bandung, ke Purwakarta tujuh jam. Capek sekali," ujar salah satu penumpang bus Primajasa jurusan Garut-Bekasi, Pirman Hermansyah, kepada Kompas.com, Selasa (27/12/2016).

Pirman mengatakan, kemacetan dimulai saat bus keluar dari Tol Cikamuning. Sepanjang Cikamuning-Gunung Hejo, kendaraan nyaris tidak bergerak.

"Ditambah ada kecelakaan, trailer terguling, makin macet deh," ujarnya.

Warga Cinunuk, Bandung, ini mengaku baru pertama mengalami kemacetan seperti ini. Padahal, setiap pekan, ia bolak-balik Bandung-Purwakarta.

"Sejak kendaraan besar tidak boleh lewat Jembatan Cisomang, jadi harus lewat jalur lama," ujarnya.

Ia mengaku terhambat dengan kemacetan tersebut. Ia berharap, perbaikan Jembatan Cisomang segera selesai.

"Katanya perbaikan Cisomang tiga bulan. Dah kebayang capeknya tiap minggu harus bermacet-macetan," keluhnya.

Keluhan sama disampaikan sopir truk, Solihin. Ia mengatakan, waktu tempuh Bandung-Purwakarta mencapai 6,5 jam. Ia tak habis pikir, jarak yang biasanya cepat menjadi lama.

Dari pantauan Kompas.com, kondisi arus lalu lintas hingga kini masih macet. Bukan hanya mobil besar yang terjebak macet, mobil kecil tujuan ke Purwakarta ikut terjebak macet.

Berdasarkan berita sebelumnya, pilar dua (P2) Jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi mengalami pergeseran. Akibatnya, kendaraan sumbu dua tidak diperbolehkan melewati Cisomang.

Kendaraan dari Jakarta akan keluar dari Pintu Tol Jatiluhur dan masuk kembali di Tol Cikamuning atau Tol Padalarang. Begitupun dari Bandung, kendaraan keluar dari Tol Cikamuning dan masuk ke Tol Jatiluhur.

Sumber:kompas.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...