Rusia dan China

Veto Resolusi DK PBB Soal Suriah

FOTO | ISTIMEWARusia dan China dilaporkan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB mengenai Suriah.
A A A

NEW YORK - Rusia dan China dilaporkan kembali memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB mengenai Suriah. Kali ini resolusi yang di veto adalah mengenai penjatuhan sanksi terhadap Suriah, terkait dengan penggunaan senjata kimia dan serangan terhadap warga sipil.

Melansir Manila Times pada Rabu (1/3), ini ketujuh kalinya Rusia telah menggunakan hak vetonya untuk melindungi rezim Damaskus. Cina telah mendukung Moskow dengan menggunakan hak vetonya enam kali terhadap Suriah Suriah.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya memperingatkan pemungutan suara untuk menjatuhkan sanksi terhadap Suriah adalah benar-benar tidak pantas, karena ini terjadi saat berlangsungnya pembicaraan damai di Jenewa.

Resolusi yang dirancang oleh Inggris, Prancis dan Amerika Serikat (AS) sendiri sejatinya mendapatkan dukungan dari sembilan anggota DK PBB, sementara tiga negara menentangnya yakni Bolivia, Cina dan Rusia. Sementara itu Mesir, Ethiopia dan Kazakhstan abstain.

Resolusi DK PBB membutuhkan sembilan suara positif, dengan catatan tidak ada anggota tetap DK PBB yang menggunakan hak vetonya dalam pemungutan suara. Jika ini terjadi, maka resolusi itu bisa disahkan, dan diimplementasikan.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...