Vladimir Putin

Undang Kim Jong Un Kunjungi Rusia

FOTO | ISTIMEWAPresiden Rusia, Vladimir Putin
A A A

MOSKOW - Presiden Vladimir Putin, Kamis (14/6), menyampaikan undangan kepada pejabat senior Korea Utara agar pemimpinnya Kim Jong Un dapat berkunjung ke Rusia. Putin juga memuji hasil pertemuan Kim dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

MOSKOW - Putin mengatakan KTT bersejarah dengan Presiden AS itu tidak diragukan lagi sebagai langkah pertama menuju penyelesaian. “Berkat pertemuan ini, kemungkinan skenario negatif telah disingkirkan,” kata Putin.

“Tentu saja KTT tersebut menciptakan situasi untuk kemajuan lebih lanjut dan mengurangi ketegangan di sekitar semenanjung Korea,” imbuhnya.

Trump dan Kim membuat sejarah pada Selasa dengan mengadakan KTT di Singapura.

Namun, kritikus mengatakan KTT Kim dan Trump lebih condong ke gaya daripada substansi, dengan menghasilkan dokumen yang tidak menjelaskan secara spesifik tentang isu senjata nuklir Pyongyang.

Putin mengatakan dia akan menyambut kedatangan Kim ke Rusia dengan senang hati. Dia mengusulkan bertemu dalam sebuah forum ekonomi di kota pelabuhan timur Vladivostok pada September tahun ini.

Kim belum pernah mengunjungi Rusia, tidak seperti ayahnya, Kim Jong-Il, yang berkunjung ke negara tersebut dengan kereta berlapis baja pada 2011 untuk melakukan pembicaraan dengan Dmitry Medvedev, presiden Rusia pada saat itu.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menjadi pejabat Rusia pertama yang bertemu Kim ketika ia melakukan perjalanan ke Pyongyang pada akhir Mei.

Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...