China

Ubah Jet Tempur J-10 Jadi Pesawat Siluman

FOTO | ISTIMEWAChina melakukan merubah pesawah tempur J-10 menjadi jet siluman.
A A A
Perkembangan baru akan memungkinkan J-10 untuk membuat manuver yang lebih tepat di udara sambil memberi pilot lebih banyak kontrol atas perubahan ketinggian. Raptor F-22 Amerika Serikat dan keluarga pesawat Su-30/35 juga menggunakan TVC,

BEIJING - Angkatan Udara China dilaporkan telah memodifikasi pesawat tempur J-10 miliknya agar memiliki kemampuan sistem kontrol vektor dorong (TVC). Sistem ini merupakan bagian dari daya dorong yang membuat pesawat lebih mematikan.

Sebuah gambar di majalah pertahanan China baru-baru ini menunjukkan pesawat J-10 dengan sejumlah pembaruan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Pembaruan itu termasuk mesin baru dengan tepi gigi gergaji yang membuat mesin tidak terlihat pada radar udara musuh.

Menurut spesialis mesin sinyal radar memantulkan garis lurus, tetapi pola gigi gergaji dapat menutupi radar.

Dalam catatan Business Insider, pesawat F-35 buatan Amerika Serikat dan Sukhoi Su-30/35 milik Rusia memiliki sisi mesin yang sama untuk meningkatkan karakteristik pengamatan mereka yang rendah.

Aspek TVC dari mesin meningkatkan kecepatan sudut pesawat selama penerbangan dengan sedikit memposisikan ulang mesin itu sendiri sehingga dapat memanipulasi dorongan yang dibuat oleh mesin.

"Perkembangan baru akan memungkinkan J-10 untuk membuat manuver yang lebih tepat di udara sambil memberi pilot lebih banyak kontrol atas perubahan ketinggian. Raptor F-22 Amerika Serikat dan keluarga pesawat Su-30/35 juga menggunakan TVC," demikian diberitakan Defense News.

"Beijing dilaporkan telah tertarik dalam penelitian dan pengembangan TVC selama beberapa waktu, tetapi belum menguasai TVC sampai saat ini," Andreas Rupprecht, seorang ahli penerbangan militer Cina, yang dinukil dari Sputnik, Jumat (6/4/2018).

Gambar di atas J-10 dengan kemampuan TVC belum diverifikasi secara independen untuk keasliannya. Berbicara kepada Defense News, Rupprecht mengatakan proyek TVC kemungkinan digunakan untuk memeriksa lebih lanjut perbaikan mesin untuk pesawat tempur J-20 yang lebih modern.

Beijing dilaporkan telah tertarik dalam penelitian dan pengembangan TVC selama beberapa waktu, tetapi belum menguasai TVC sampai saat ini,
Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...