10 Tips

Turunkan Berat Badan Tanpa Harus Diet

FOTO | ShutterstockIlustrasi
A A A

JAKARTA - Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana jika ada cara menurunkan berat badan tanpa diet? Diet berarti Anda harus melepaskan makanan favorit dan berfokus pada sayuran, salad, dan sup. Membatasi makanan yang disukai membuat Anda kelaparan saat menurunkan berat badan.

Namun, harus diketahui, seperti dilansir Boldsky oleh sindonews.com, kehilangan berat badan secara berkelanjutan bukan tentang menghitung kalori, tetapi tentang menciptakan lingkungan hormonal yang tepat dalam tubuh yang kondusif untuk menurunkan berat badan.

Stres, depresi, dan masalah emosional lainnya dapat menyebabkan lingkungan hormonal yang tidak baik. Jadi, masalah ini perlu diatasi dari perspektif pikiran dan tubuh.

Sangat penting bahwa Anda mengambil pendekatan holistik yang melihat kehidupan psikologis dan emosional. Jadi, sebanyak apa dan kapan Anda makan? Berikut ini cara-cara menurunkan berat badan tanpa berdiet.

1. Memilih minuman
Minuman bersoda akan membantu dalam penambahan berat badan karena mereka dipenuhi dengan kalori yang menambah berat badan Anda yang ada. Tapi, jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, jauhi minuman soda atau minuman seperti es teh, dan sebagainya.

Alih-alih memilih air jeruk nipis, teh detoks, minuman yang disuntikkan lemon di atas minuman berkalori tinggi. Cobalah minum teh hijau karena memungkinkan penurunan berat badan lebih cepat.

2. Jangan hindari sarapan
Tidak memiliki kebiasaan sarapan setiap hari akan menyebabkan tingkat metabolisme yang lambat. Hal ini mengarah pada proses pencernaan yang lambat yang akan mengubah makanan yang tidak tercerna menjadi lemak. Jadi, disarankan untuk sarapan pukul 9 pagi karena akan membantu menurunkan berat badan.

3. Banyak minum
Air sangat penting untuk tubuh karena menjaga tubuh terhidrasi. Sangat penting bahwa Anda minum setid aknya 6-8 gelas air per hari untuk membantu menyingkirkan racun dari tubuh. Penghapusan racun ini membantu menurunkan berat badan secara efektif. Air juga membantu mengatur metabolisme dan Anda akan melihat perubahan selera makan yang lebih baik.

4. Buah
Mengkonsumsi buah utuh sebanyak mungkin menjadi pilihan tepat menurunkan berat badan. Buah-buahan memiliki banyak kandungan air didalamnya. Air tersebut tidak hanya membantu menurunkan berat badan, juga menyediakan nutrisi bagi tubuh.

Anda dapat memasukkan buah-buahan seperti jeruk, tart ceri, buah beri, semangka, persik, buah prem, apel, jambu biji, dan tomat. Buah-buahan ini harus Anda makan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang positif.

5. Salad
Sebelum memulai makan, isi piring Anda dengan salad karena salad segar membantu dalam menjaga kesehatan dan kurang nafsu makan. Hindari menambahkan saus salad krim, keju, atau bahan penggemukan lainnya pada salad Anda. Selain itu, Anda bisa memasukkan sayuran seperti kubis parut, bawang, kapri, seledri dan sayuran segar lainnya.

6. Biji-bijian
Biji-bijian utuh sehat dan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Beras merah, barley, soba, oat, quinoa, jagung, gandum hitam mengandung serat dalam jumlah tinggi. Biji-bijian dikemas dengan antioksidan dan mineral seperti seng, tembaga, magnesium, dan besi.

7. Protein
Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan, dapat meningkatkan kepenuhan, mengurangi rasa lapar dan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Itu karena protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam kelaparan dan kepenuhan.

Mulailah memasukkan lebih banyak protein dalam makanan Anda selama sarapan, makan siang, dan makan malam. Tetapi hindari makan terlalu banyak makanan protein.

8. Kunyah dengan lambat
Penelitian telah menunjukkan bahwa saat Anda menghabiskan makanan, maka kunyah secara perlahan sehingga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori. Mengunyah makanan perlahan-lahan mencegah Anda makan berlebih karena memberi waktu ekstra kepada otak untuk menerima sinyal dari perut yang kenyang. Mengunyah makanan perlahan-lahan memfasilitasi pencernaan yang tepat dan membatasi ukuran porsi Anda.

9. Makanan seimbang
Setiap makanan yang dikonsumsi harus mengandung karbohidrat yang baik, protein dan lemak yang sehat. Trik sederhana adalah menyeimbangkan antara kelompok makanan, sehingga tubuh Anda mampu mengolahnya. Ini membantu dalam menyediakan energi, membuang racun dan meningkatkan kekebalan.

10. Hindari terlalu banyak makanan
Anda akan mengurangi nutrisi. Dan jika Anda kekurangan nutrisi, Anda tidak akan merasa puas dan mungkin mendambakan makanan sampah nantinya. Untuk mencegah hal ini, Anda harus meningkatkan konsumsi makanan mentah seperti salad atau menghindari makanan yang terlalu matang. Makanlah sayuran kukus, pucat atau panggang, ayam atau ikan.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...