Dokter Kulit,

Tujuh Makanan Alami Disarankan kalau Anda Takut Mengonsumsi Cairan Kolagen

FOTO | LohaunchitKerang, makanan alami mengandung kolagen
A A A

MASALAH generasi milenial tidak hanya stres dan depresi. Mereka juga dihadapkan dengan polusi yang sudah di depan mata dan juga rutinitas yang padat yang tentunya memengaruhi kualitas produktivitas diri. Risiko kesehatan mental dan penyakit tidak menular pun semakin tinggi. Apalagi lifestylenya tidak terjaga dengan baik.

Masalah lain yang juga semakin dirasakan adalah penuaan dini atau premature aging. Kondisi ini tentunya menjadi mimpi buruk bagi mereka yang sangat menjaga penampilan. Rasanya, garis wajah atau keriput itu bak musuh terbesar yang tidak boleh ada di tubuh Anda.

Alhasil, perawatan tubuh pun dipilih. Teknologi yang semakin mutakhir pun mampu menciptakan kolagen sintesis yang bisa Anda konsumsi setiap saat. Di mana, fungsinya sebagai penambah kolagen alami yang memang tercipta di dalam tubuh tapi jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan kolagen harian tubuh Anda.

Tapi, dijelaskan Dokter Kulit dr. Fitria Amalia, SpKK, MKes, mereka yang tidak bisa mengonsumsi kolagen cair memang berisiko menciptakan masalah kesehatan baru. Meskipun secara medis mengonsumsi kolagen cair ini tidak disalahkan, selagi organ tubuh masih bisa menerimanya dan tubuh Anda tidak menunjukan tanda-tanda efek samping yang berarti.

Namun, untuk mengakali kebutuhan kolagen yang jumlahnya semakin berkurang, mengonsumsi makanan ini bisa dijadikan pilihan sumber kolagen alami bagi tubuh Anda. Dr. Amalia coba memaparkan apa saja makanan tersebut.

Pada Okezone, saat ditemui secara langsung di Jakarta Selatan, dr. Amalia membagikan rahasia kolagen alami ini, berikut di antaranya:

1. Ikan laut

2. Kerang

3. Daging merah

4. Putih telur

5. Sumber makanan yang mengandung vitamin A D C cukup yang mana vitamin ini mampu menambah pro kolagen alami tubuh

6. Kacang-kacangan

7. Berry (stroberi, blueberi, blackberi, cherry)

Nah, mengetahui hal tersebut, dr. Amalia menambahkan, proses pengolahan makanannya pun menjadi penting. Maksudnya, sumber kolagen alami itu bisa kehilangan jumlah kolagennya kalau tidak diolah dengan baik.

’’Saya sangat menyarankan Anda untuk mengolah makanan di atas dengan direbus atau dimakan mentah saja (ini untuk buah-buahan dan kacang-kacangan),’’ tegas Dr. Amalia, belum lama ini.

Perlu Anda ketahui, protein yang terkandung makanan tertentu mengandung kolagen yang baik untuk tubuh. Tapi, ketika makanan yang mengandung protein ini diolah misalnya dengan digoreng atau dibakar, ya, kolagennya pun akan berkurang. Tidak hilang secara keseluruhan.

’’Kalau kolagennya hilang, ya, Anda hanya menerima kandungan gizi lainnya saja. Bahkan, bisa dikatakan Anda hanya mengonsumsi lemak jahat ataupun zat lainnya yang sudah tidak lagi bisa diproses oleh tubuh,’’ paparnya.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...