Tips agar Tak “Fakir Wi-Fi” Selama Transit di Bandara Dubai

FOTO | kompas.comLounge kelas bisnis milik Emirates di Bandara Dubai, Uni Emirat Arab
A A A

Bandara Internasional Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab, bisa dibilang akrab di kalangan pelancong Indonesia. Sebab, Dubai merupakan kota transit populer bagi wisatawan Indonesia.

Bandara Dubai adalah hub yang menghubungkan Indonesia ke negara-negara di Eropa, Afrika, hingga Amerika. Salah satu maskapai penerbangan yang kerap digunakan orang Indonesia, yakni Emirates, memiliki penerbangan dari Jakarta dan Bali menuju berbagai negara di dunia dengan transit di Bandara Dubai.

Terkadang, seseorang harus menghabiskan berjam-jam saat transit di Bandara Dubai. Selain berkeliling bandara melihat aneka toko, umumnya pelancong mengisi waktu dengan asyik berselancar di gawai pintar.

Untuk tetap terkoneksi dengan Wi-Fi gratis, pilihannya adalah dengan langsung terhubung dengan jaringan "DXB Free WiFi" atau "DWC Free WiFi". Cukup pilih salah satu jaringan tersebut dan buka browser, lalu klik "Get online now".

Sayangnya, walau unlimited, Wi-Fi hanya berlaku untuk satu jam. Untuk menambah waktu, pengguna dikenakan biaya melalui Boingo. Harganya 19,95 dirham Emirat (sekitar Rp 72.000) untuk satu jam, khusus pengguna gawai pintar atau tablet. Untuk internet seharian, biayanya 29,95 dirham Emirat (sekitar Rp 102.000).

Pilihan lain adalah nongkrong di lounge atau kedai kopi yang ada di dalam bandara. Biasanya, kedai-kedai ini menyediakan Wi-Fi gratis untuk satu jam.

Jika Anda penumpang Emirates kelas bisnis dan utama, bisa terus terkoneksi di fasilitas Emirates Business Class Lounge dan First Class Lounge. Salah satu fasilitas di lounge ini adalah koneksi Wi-Fi yang tak terbatas. Makanan dan minuman juga tak terbatas. Tersedia juga fasilitas lainnya, seperti kamar mandi, ruang tidur, hingga ruang bermain untuk anak-anak.

Penumpang Emirates kelas ekonomi bisa masuk ke Business Class Lounge dan First Class Lounge dengan syarat tertentu. Misal, penumpang tersebut harus menemani penumpang yang memiliki akses ke Business Class Lounge dan First Class Lounge.

Penumpang yang memiliki akses tersebut adalah penumpang kelas bisnis, penumpang kelas utama, dan penumpang dengan membership Skywards premium. Selain syarat tersebut, penumpang kelas ekonomi dikenakan biaya 100 dollar AS untuk masuk ke Emirates Business Class Lounge.

Komentar

Loading...