Ini Sebabnya

Tiket Pesawat ke Luar Negeri Bisa Lebih Murah

IlustrasiIlustarsi
A A A

JAKARTA - Belakangan heboh harga tiket pesawat rute internasional dari Indonesia lebih murah dibandingkan domestik. Mengapa demikian?

Menurut anggota Ombudsman RI, Alvin Lie, rupanya sejumlah negara tetangga memberikan insentif kepada pihak-pihak yang mampu membawa turis ke negara mereka. Salah satu sasarannya adalah maskapai.

"Insentif ini masing-masing negara punya aturan sendiri-sendiri. Di Singapura itu memberikan USD 100 ribu, 50 persen in cash, 50 persen in kind. Untuk per rute per airline, jadi makin banyak airline kita yang terbang ke Singapura rute baru, makin banyak juga insentifnya," ujar Alvin Lie di Penang Bistro, Jakarta Pusat (15/1/2019).

Pembagian tersebut diberlakukan negara Singapura yang jadi salah satu destinasi wisata favorit turis Indonesia.

"Jadi in kind itu misalnya promosi, iklan dan sebagainya yang bayar mereka. Kalau uang kan bisa dipakai apa saja," tambahnya.

Alvin menyebutkan keuntungan in kind juga bisa dalam bentuk pengangkutan penumpang. Pesawat Indonesia bisa menarik turis dari negara lain untuk pergi ke sejumlah destinasi yang dimiliki maskapai.

"Ada juga misalnya maskapai Indonesia terbang ke Singapura, terbang lagi ke Bangkok. Itu boleh mengambil penumpang dari Singapura. Itu juga insentif, dan tidak semua negara mengizinkan. Jadi misalnya Garuda transit di Abu Dhabi, lanjut ke Amsterdam nggak boleh karena merupakan hak dari negara tersebut," tambah Alvin.

Setiap negara pun punya keputusan yang berbeda. Ini demi menarik kunjungan, serta menambah keuntungan dari pihak maskapai.

"Ini merupakan keputusan politik dari negara tersebut untuk mendatangkan wisatawan, investor dan sebagainya," papar Alvin.

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...