Pengumuman hasil seleksi terbuka Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama (PJTP) mendapat sorotan dari sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Pasalnya, Pansel mengumumkan dua kali hasil yang lolos tiga besar masing-masing untuk enam JPT yang diseleksi yakni pada tanggal 30 Desember 2020 dan pengumuman kedua tanggal 18 Januari 2021. "Bahkan menurut Waladan, Bupati Bener Meriah telah dipermalukan oleh Sekda selaku Ketua Panitia seleksi terbuka PJTP terkait dengan kacaunya proses seleksi PJTP,"jelas Waladan melalui rilisnya yang diterima media ini, Rabu (20/1/2021).

Tiga Pertanda Kopling Mobil Minta Diganti

DrivesparkMobil manual perlu perawatan terutama di bagian kopling.
A A A

JAKARTA - Kopling merupakan salah satu perangkat penting di mobil manual. Komponen ini bisa mengalami keausan, bisa dari faktor umum atau gaya berkendara. Lalu apa saja pertanda kopling mobil sudah mulai aus?

Fungsi komponen ini adalah untuk memutus dan menghubungkan mesin dengan sistem transmisi. Bagian penting dalam komponen ini adalah kampas. Kampas kopling mobil yang mulai terkikis tentunya akan memengaruhi kinerja mesin.

Kampas kopling mobil atau clutch disc memiliki bentuk seperti piringan. Komponen ini sering mengalami keausan, hingga terbakar karena masalah-masalah tertentu. Salah satu penyebab kampas kopling aus dan terbakar adalah akibat dimakan umur serta pemakaian yang salah.

Indikasi habisnya kampas kopling mobil harus bisa dideteksi sejak dini supaya tidak merugikan pengendara dan penumpang.

"Merasakan tenaga mulai kurang, terjadi slip. Itu tanda-tanda kopling sudah harus diganti," kata Kepala Bengkel Auto2000 Bogor Siliwangi, Bambang Haryanto.

Selain tenaga yang berkurang, mobil juga timbul bunyi asing saat menekan atau melepas pedal kopling.

Saat akselerasi lemah, pedal gas yang diinjak tidak mengakibatkan mobil melaju cepat namun menimbulkan suara decitan dan raungan mobil.

"Kedua, sudah ada muncul bunyi-bunyi tidak enak. Pada saat pedal kopling ditekan, atau pedal kopling dilepaskan," kata tuturnya.

Tuas transmisi yang keras bisa menjadi tanda kampas kopling mulai habis. Kerasnya pemindah gigi ini dapat dirasakan meskipun mobil dalam keadaan netral sekalipun. Kondisi tersebut dikarenakan transmisi gigi sukar terhubung. Sulit terhubungnya transmisi ini diakibatkan oleh putaran mesin gigi yang tidak tepat. Terparah, sudah tidak bisa dioperasikan.

"Ketiga, fatal. sudah transmisi tidak bisa masuk di semua percepatan, dan sudah pasti ada kemungkinan koplingnya dilakukan pergantian," kata Bambang.

Sumber:Detik.com
Rubrik:TEKNO

Komentar

Loading...