Indonesia Gagal Jaga Tren Dua Gol,

Thailand Memang Beda

FOTO | detik.comTimnas Indonesia
A A A

JAKARTA - Di saat paling menentukan Indonesia gagal menjebol gawang lawan, di final AFF Suzuki Cup 2016, sekaligus menjaga tren bikin dua gol. Kali ini Indonesia diredam dan dibuat tak berkutik si kampiun Thailand.

Indonesia harus rela menjadi runner-up ajang tersebut untuk kali kelima, dari lima kali masuk final. Ini merupakan sebuah jumlah terbanyak di antara partisipan lain, dengan predikat runner-up terbanyak berikutnya dipegang Thailand, tiga kali (2007, 2008, 2012).

Thailand sendiri menjadi juara untuk kali kelima (1996, 2000, 2002, 2014, 2016). Ini juga jumlah terbanyak, dengan jumlah titel terbanyak berikutnya dipegang oleh Singapura sebanyak empat kali (1998, 2004, 2007, 2012).

Hasil tersebut lahir menyusul kemenangan Thailand di partai leg kedua final, Sabtu (17/12/2016), dengan skor 2-0 atas Indonesia. Thailand juara berkat keunggulan agregat 3-2 setelah sebelumnya kalah 1-2 di markas Indonesia pada leg pertama.

Hasil di Rajamangala Stadium kemarin membuat Indonesia gagal menjaga tren mencetak dua gol di turnamen, setelah rutin melakukannya dalam enam laga sebelum final leg kedua.

Menurut statistik AFFSuzukiCup.com, di pertandingan kemarin Indonesia mampu melepas tiga tembakan tapi tidak ada satu pun yang dianggap sebagai tembakan ke target. Thailand sebaliknya melepas delapan tembakan dengan lima di antaranya ke target. Indonesia juga kalah penguasaan bola 44%-56% dari Thailand di pertandingan tersebut.

Pertandingan melawan Thailand kemarin menjadi satu-satunya laga Indonesia tak berkutik alias gagal mencetak gol sepanjang 2x45 menit. Bahkan saat berhadapan dengan tim 'Gajah Putih' di fase grup (2-4) dan final leg pertama (2-1), 'Skuat Garuda' selalu mampu menjebol gawang Thailand.

Satu-satunya tim peserta Piala AFF 2016 yang masih terlibat dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 itu (fase penyisihan babak ketiga) semakin terlihat beda kelas dibandingkan tim-tim lain jika menilik fakta lain bahwa Thailand rutin mencetak gol di seluruh pertandingannya pada turnamen kali ini. Dari tujuh laga, lima di antaranya bahkan dilewati dengan clean sheet.

Sepanjang turnamen Piala AFF 2016, Thailand memiliki catatan gol dan kebobolan 15-4. Indonesia menjadi satu-satunya tim yang berhasil menjebol gawang tim besutan Kiatisuk Senamuang itu.

Sumber: detik.com
Rubrik: Sport

Komentar

Loading...