Banjir Bandang

Terjang Enam Desa di Aceh Tenggara

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi Banjir Bandang
A A A
Yang jelas ratusan rumah tergenang, dan sedikitnya 15 rumah rusak berat. Tapi ini masih terus di data oleh tim pada dua kecamatan,

ACEH TENGGARA - Banjir bandang telah menerjang enam desa pada dua kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, sejak Rabu (11/4) petang yang mengakibatkan ratusan rumah tergenang dan belasan rumah rusak.

"Yang jelas ratusan rumah tergenang, dan sedikitnya 15 rumah rusak berat. Tapi ini masih terus di data oleh tim pada dua kecamatan," kata Koordinator Pos SAR Kutacane Risky Hidayat di Kutacane, Aceh Tenggara.

Ia menjelaskan, jumlah desa di dua kecamatan terkena dampak paling banyak yakni Lawe Sigala-gala karena melanda empat wilayah desa yaitu Lawe Sigala Barat, Batu Dua Ratus, Kayu Mbelin, dan Lawe Tua.

Lalu Kecamatan Semadam karena wilayah desanya berada di atas lereng pengunungan yakni di Desa Lawe Beringin, dan Desa Suka Makmur.

"Jumlah pengungsi dari enam desa ini, masih terus di data oleh tim. Para pengungsi banjir bandar ini, telah kumpul jadi satu titik yakni di halaman mesjid di Simpang Semadam," katanya.

Sipayung (51), warga di pengungsian mengaku, banjir bandang kali ini tergolong yang paling parah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Akibat kejadian tersebut, kata dia, dinding rumah bagian depan yang terbuat dari batu bata dan kayu jebol diterjang derasnya arus air, serta dinding rumah bagian belakang rusak.

"Genangan air di dalam rumah kami, mencapai selutut orang dewasa," ucapnya.

Jamin (35), warga setempat mengaku, air bah secara tiba-tiba datang meluap dan menggenangi rumah-rumah masyarakat dengan deras, serta menghanyutkan benda-benda seperti kayu dari atas bukit.

"Peristiwanya, begitu cepat terjadi. Akibatnya, sejumlah peralatan rumah tangga dipastikan terendam dan rusak. Bahkan, rumah warga dipenuhi lumpur," ujar Jamin.

Mereka umumnya berharap agar banjir bandang yang sering terjadi setiap tahun, bisa segera dicari solusinya sehingga warga tidak lagi khawatir ketika hujan lebat turun.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik setempat menyebut, wilayah Aceh Tenggara memiliki 16 kecamatan dengan 385 desa. Dari 385 desa tersebut, 282 desa diantaranta terletak di lembah dan 103 desa berada di lereng.

Wilayah di Aceh ini merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian 25 meter hingga 1.000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh Taman Nasional Gunung Leuser dan Bukit Barisan.

Kode:47
Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...