Tobu World Square

Tempat yang Memuaskan Hasrat

Foto | KompasMiniatur-Gedung-Putih-di-Tobu-World-Square
A A A

Miniatur Tokyo Station di Tobu World Square, Kinugawa Onsen Nikko Jepang.NIKKO - Tanpa memerlukan uang banyak dan waktu liburan yang lama, kita bisa berkeliling dunia dalam hitungan jam di Tobu World Square yang berada di Kinugawa Onsen, Nikko, Jepang.

Tobu World Square merupakan taman tematik (theme park) yang berisi miniatur bangunan-bangunan terkenal dan bersejarah dari berbagai belahan dunia. Ada lebih dari 100 miniatur bangunan dengan skala 1:25 dari bangunan aslinya di sini.

Yang paling mengagumkan dari taman ini adalah setiap miniatur dibuat dengan detail yang sangat baik, bahkan untuk miniatur Gedung Putih, miniatur Presiden Obama terlihat sangat mirip.

"Sebentar lagi kami akan mengganti Obama mini itu dengan Donald Trump. Sepertinya tak akan sulit membuat miniatur Trump, dengan warna kulit dan rambutnya yang pirang itu," canda Yukio Nemoto, Senior Manager Tobu World Square yang menemani rombongan wartawan dan blogger dari Asia Tenggara, Selasa (6/12/2016).

Tobu World Square memiliki 6 zona, yaitu Modern Japan Zone yang memiliki miniatur bangunan Tokyo Sky Tree, Tokyo Station, Asakusa Palace, Tokyo Dome, dan sebagainya.

Di America Zone pengunjung bisa menyaksikan bangunan-bangunan terkenal mulai dari Patung Liberty, White House, Gedung World Trade Center, dan sebagainya.

Sementara itu di Zona Mesir terdapat piramida dan sphinx. Untuk menikmati bangunan-bangunan indah dan bersejarah dari Eropa, langkahkan kaki ke Zona Eropa. Di sini, kita bisa mengagumi keindahan miniatur gereja-gereja kuno di Vatikan atau Spanyol, Menara Eiffel, Tower Bridge, dan masih banyak lagi.

Bergeser sedikit, terdapat Zona Asia yang menampilkan miniator Tembok China, Angkor Wat, dan beberapa Pagoda terkenal dari Taiwan.

Terakhir adalah Zona Jepang yang menyuguhkan miniatur kuil-kuil terkenal dan bangunan ikonik masa lampau dari seluruh Jepang.

Bukan hanya miniatur bangunannya saja yang memiliki detail rumit, lanskap dari bangunan aslinya juga dibuat sangat mirip. Misalnya tebing-tebing batu di sekitar Tembok China, kereta api yang keluar masuk Tokyo Station, hingga gemuruh penonton di Stadion Tokyo Dome.

"Orang-orangan di miniatur Tokyo Station ini ada 500 buah dan satu sama lain wajahnya tidak ada yang mirip," ujar Yukio.

Pepohonan yang berada di sekitar miniatur merupakan asli yang dibonsai yang ditata sedemikian rupa. Beberapa pohon juga tampak sedang berbunga atau berbuah. Tentu saja ukurannya sangat mini. Sungguh menggemaskan.

Berkeliling Tobu World Square selama lebih kurang dua jam membuat kita seolah-seolah memang sedang berkeliling dunia. Apalagi, dengan sudut pengambilan foto yang tepat bangunan tersebut sama sekali tak mirip minatur. Anda pun bisa puas berfoto dengan latar belakang miniatur tersebut.

Miniatur kuil Jepang di Tobu World Square, Kinugawa Onsen, Nikko, Jepang, SelasaWisatawan Muslim
Yukio menjelaskan, Tobu World Square sudah dibuka sejak 20 tahun lalu. Pemeliharaan yang baik membuat setiap miniatur dan taman berada dalam kondisi sangat baik.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini kami menambah beberapa fasilitas untuk menarik wisatawan Muslim, misalnya menyediakan tempat shalat yang ada di dekat pintu masuk dan bisa dipakai siapa saja secara gratis, dan juga di restoran kini tersedia menu-menu halal," ujarnya.

Selain buka pada siang hari, Tobu World Square juga dibuka pada malam hari. "Justru kalau malam lebih romantis karena kami menghadirkan di sekitar miniatur gemerlap oleh lampu-lampu. Banyak pasangan yang datang," katanya.

Miniatur Acropolis dari Yunani di Tobu World Square, Kinugawa Onsen, Nikko, Jepang.Tobu World Square bisa dicapai dengan menggunakan kereta dari Tokyo sekitar 2 jam. KompasTravel berkesempatan mencoba Tobu Limited Express Kinuwaga Onsen yang termasuk kereta cepat seharga 1.340 Yen (sekitar Rp 160.000) satu kali jalan dari stasiun Asakusa. Kami juga memesan kabin khusus yang bisa diisi 4 orang dengan harga 3.090 Yen.

Perjalanan dua jam dari Asakusa, Tokyo menuju Kinugawa Onsen terasa menyenangkan. Selain kabin yang nyaman, pemandangan di luar jendela juga menghibur, berganti-ganti dari pemukiman penduduk di pinggiran kota yang tenang dan rapi, sampai hutan dan pegunungan yang sedikit bersalju di kejauhan.

Bila Anda menggunakan kereta Tobu, maka Anda akan mendapatkan Nikko Kinugawa Pass yang bisa dipakai untuk naik shuttle bus yang akan mengantar wisatawan dari stasiun ke lokasi wisata di sekitar Nikko dan Kinugawa, sampai potongan harga untuk makan di restoran dan toko suvenir.

Sumber: kompas.com
Rubrik: Travel

Komentar

Loading...