Keren,

Teknologi yang Populer di Masa Lalu

FOTO | ShutterstockKeren, Ini Teknologi yang Populer di Masa Lalu
A A A

JAKARTA - Era 1980an, menjadi masa di mana perkembangan teknologi berjaya, namun kecanggihan dan kepopuleran di masa lalu membuat kemampuannya seakan tak lekang oleh zaman. Tak sedikit produk yang ada pada masa kini adalah hasil pengembangan dari penemuan tahun tersebut. Lantas apa saja teknologi canggih itu?

Walkman
Anda tentu masih ingat dengan alat pemutar musik yang mirip dengan iPod. Di era 90-an, ponsel belum mendukung fitur pemutar musik seperti sekarang, sehingga walkman menjadi sangat populer.

Seperti kita tahu, musik mampu mengubah mood seseorang dan mendukung aktivitas penggunanya. Hal itu membuat walkman besutan Sony ini banyak digemari oleh masyarakat pada zamannya.
Kini, gadget pemutar musik yang terpisah dengan ponsel juga masih tersedia dan dinikmati dengan menggunakan format digital.

Motorola PMR 2000
Pager telah dikenalkan sejak 1949, tapi lompatan teknologi terbesar terjadi pada 1987. Ketika itu, hadir pager Motorola PMR 2000 yang mempunyai kemampuan mengirimkan pesan alfanumerik hingga 1.950 karakter.

Meskipun hanya 32 karakter yang bisa ditampilkan pada layar untuk sekali kirim, tapi kehadiran pager ini dapat dikatakan mengubah cara berkomunikasi pada masa itu.

Dalam versi sebelumnya, pager hanya mampu menampilkan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Kalkulator HP-10B
Kalkulator sampai saat ini memang masih digunakan untuk menghitung keperluan tugas dan keperluan bisnis lainnya. Meskipun beberapa lebih memilih menghitung dengan menggunakan pensil.
Kalkulator HP-10B ini dirilis pada 1989, dan menawarkan kemampuan aritmatika sederhana di samping fungsi aljabar.

IBM PC Convertible IBM tak dipungkiri sebagai pionir dalam pengembangan komputer. Produk asal Amerika Serikat yang rilis pad 1987 adalah PC Convertible model 5140.

Perangkat yang kini dikenal dengan nama laptop itu didukung CPU Intel 8088 (4,77MHz), RAM 256Kb, dual 3,5 inci floopy drive, serta baterai 2.400mAh. Disematkan layar monokrom 640x200 yang dapat dilepas pasang.

Disket
Alat ini merupakan media penyimpanan data berukuran 3,5 inci. Tentunya, disket dapat membantu aktivitas akademis dan perkantoran di era 90-an.

Awalnya, disket ini hanya disokong dengan kapasitas 360Kb, kemudian berevolusi menjadi 1,4Mb pada 1987. Seiring zaman, disket tersaingi dengan munculnya CD-RW yang memiliki kapasitas maksimum 700Mb. Kini masyarakat lebih memilih flashdisk untuk mempermudah penyimpanan data.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Teknologi

Komentar

Loading...