Amerika Serikat

Tarik Diri dari Dewan HAM PBB

FOTO ISTIMEWAAmerika Serikat (AS) dilaporkan sedang memikirkan rencana untuk menarik diri dari Dewan HAM PBB.
A A A

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dilaporkan sedang memikirkan rencana untuk menarik diri dari Dewan HAM PBB. Rencana AS ini didasari oleh pemikiran badan PBB itu tidak terlalu memberikan banyak manfaat bagi AS.

Seorang sumber di pemerintah AS mengatakan, Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson telah skeptis mengenai sejumlah badan PBB, salah satunya adalah Dewan HAM. Oleh karena itu, dia berencana untuk menarik sejumlah keanggotan AS di badan PBB.

"Ada serangkaian permintaan yang datang dari Menteri Luar Negeri yang menunjukkan ia mempertanyakan nilai keanggotaan AS di Dewan HAM," kata sumber itu yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (26/2).

Sumber itu menambahkan, alasan lainnya AS ingin menarik diri dari Dewan HAM adalah kekhawatiran Dewan HAM telah menargetkan Israel, yang tak lain adalah sekutu dekat Israel. Dewan HAM dinilai pilih kasih, karena lebih membela Palestina.

Washington juga telah mengkritisi badan PBB yang berkantor di Jenewas Swiss itu karena memberikan kursi keanggotaan untuk China dan Arab Saudi. AS sendiri saat ini memiliki 47 kursi di Dewan HAM.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...