Dirjen Kementan,

Tanam Padi Rendengan di Abdya

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A
Saya mohon dengan sangat, tekornya 8000 hektar luas tanam padi di Abdya segera dipenuhi dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Bupati dan Pak Dandim harus melakukan pembuktian pada saya yang kesekian kalinya,

ABDYA - Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian (Dirjen Kementan) RI, Sumarjo Gatot Irianto, melakukan penanaman padi perdana Musim Tanam (MT) rendengan 2017-2018 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh.

"Saya mohon dengan sangat, tekornya 8000 hektar luas tanam padi di Abdya segera dipenuhi dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Bupati dan Pak Dandim harus melakukan pembuktian pada saya yang kesekian kalinya," katanya di Blangpidie, Sabtu.

Gatot Irianto, dalam sambutannya menyampaikan, target luas tanam padi tahun lalu di Kabupaten Abdya tidak terpenuhi sehingga Abdya tekor 8000 hektar luas tanam yang harus dilaksanakan.

Acara penanaman padi di Desa Drien Jalo, Kecamatan Tangan-Tangan, turut dihadiri Staf Ahli Kementan RI Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Hasanuddin Darjo, Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah, Agussabti, Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, dan ratusan petani wilayah itu.

Dirjen Tanaman Pangan Sumarjo Gatot bersama Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, Hasanuddin Darjo, dan Bupati Abdya Akmal Ibrahim berserta unsur Muspida daerah itu melakukan tanam padi rendengan perdana dengan mengunakan alat mesin pertanian modern (alsintan) Indo Jarwo Transplanter.

Usai melaksanakan tanam padi perdana, Dirjen Tanaman Pangan bersama rombongan melakukan temu lapang bersama petani.

Gatot Irianto, mengajak petani Abdya untuk menanam jagung seluas 20 ribu hektar, yang bibitnya nanti akan disalurkan oleh pemerintah bersama pupuk dan obat-obatannya.

"Kalau petani Abdya mampu menanam jagung seluas 20 ribu hektar, maka saya akan berikan bantuan mesin pengering padi kapasitas besar, dan saya tambah lagi mesin Combine Harvester untuk alat panen di daerah ini. Jadi, semua bantuan itu harus pakai syarat," ujarnya.

Menurut dia, saat ini petani Indonesia telah mampu melakukan perluasan luas lahan tanam jagung mencapai 7 juta hektar. Jumlah tersebut akan terus ditambah oleh Kementerian Pertanian hingga menjadi 13 juta hektar pada tahun ini.

"Kita mau kalahkan Amerika. Karena yang sudah ada sekarang 7 juta hektar, tahun ini kita tambah lagi 4 juta hektar areal baru supaya menjadi 11 juta hektar, dan ditambah 2 juta hektar lagi dari efek positif masyarakat tanam sendiri, sehingga menjadi 13 juta hektar," ujarnya.

Kalau petani Abdya mampu menanam jagung seluas 20 ribu hektar, maka saya akan berikan bantuan mesin pengering padi kapasitas besar, dan saya tambah lagi mesin Combine Harvester untuk alat panen di daerah ini. Jadi, semua bantuan itu harus pakai syarat,
Kode:47
Sumber:antara
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...