Kontingen Pramuka Santri Aceh

Tampilkan Monumen Radio Rimba Raya

FOTO | SAIFULLAHKontingen Pramuka Santri Aceh menampilkan Monumen Radio Rimba Raya pada Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) V tingkat nasional tahun 2018 di Jambi.
A A A

JAMBI - Kontingen Pramuka Santri Aceh menampilkan Monumen Radio Rimba Raya pada Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) V tingkat nasional tahun 2018 di Jambi.

Kegiatan tersebut dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis (25/10) yang dipusatkan di bumi perkemahan Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayuti-Musa, Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

"Pada festival pionering Nusantara, anggota pramuka kita menampilkan suatu monumen dengan mengangkat tema monumen Radio Rimba Raya," ucap salah satu Bindamping kontingen, Anshar Zulhelmi.

"Meskipun dalam suasana sering hujan gerimis, anak-anak pramuka kita tetap semangat mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan disini," tambahnya.

Tampak Kabid Pendidikan Diniyah dan Pontren Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Djulaidi M.Ag menyemangati peserta dan mendampingi mereka di lokasi.

Djulaidi mengapresiasi yang ditampilkan pramuka santri Aceh, mengingat Radio Rimba Raya punya peran penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Radio Rimba Raya yang dulunya di Aceh Tengah punya peran penting dalam perjuangan kemerdekaan, bahkan menjadi satu-satunya sumber informasi tentang Indonesia yang disiarkan dengan berbagai bahasa dunia," ucap Djulaidi.

"Anak-anak tetap semangat ya, jaga kesehatannya. Tetap kompak, kalau ada apa-apa tanya sama bindamping dan panitia ya," lanjutnya.

Selain itu, peserta Pramuka Santri Aceh aktif mengikuti berbagai acara pada PPSN V tersebut, seperti giat santri terdiri dari giat tekhnik informatika, giat budaya, dan giat wisata.

Mereka setiap malam mulai aktifitas dengan qiyamul lail pada jam 03.00 Wib, dilanjutkan shalat berjama'ah dan kultum.

Sebanyak 25 anggota Pramuka Santri Aceh yang ikut ambil bagian pada pagelaran nasional tiga tahunan tersebut.

Anggota Pramuka Santri Aceh terdiri atas tiga sangga, tiap sangga berjumlah 8 orang, dua sangga putra, satu sangga putri, ditambah 1 orang penjaga stand pameran.

Sebelumnya, pada pembukaan tersebut dilakukan pemecahan rekor Muri "Bahana rythme melayu krinok dengan penggiring terbanyak," yang ditampilkan siswa-siswi madrasah Provinsi Jambi.

PPSN V di Jambi bertema "Pramuka Santri Menebar Kedamaian untuk Indonesia yang kuat dan Berkarakter" akan berlangsung sejak 24 - 30.

Laporan:Saifullah
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...