Sembilan Cara

Tak Biasa untuk Wujudkan Resolusi Hidup Sehat di 2019

FOTO | ShutterstockIlustrasi
A A A

DI awal tahun banyak orang yang menyusun resolusi, termasuk dalam soal kesehatan. Tak sedikit yang berencana untuk menerapkan pola hidup sehat dan mendapatkan tubuh yang lebih bugar. Sayangnya penelitian menunjukkan 80% dari mereka yang menyusun resolusi tersebut menyerah pada pertengahan Februari.

Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kesehatan tubuh. Sedikit perubahan kecil dapat membantu meningkatkan kesehatan, kebugaran, diet, dan kesejahteraan emosional. Melansir Mirror, Selasa (1/1/2019), berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

Makan dalam waktu 12 jam
Beberapa orang mungkin kesulitan menjaga makan atau mengurangi porsi untuk menurunkan berat badan. Cara mudahnya adalah membatasi waktu makan. Cobalah untuk memberi ruang makan hanya 12 jam sehari. Contohnya makan baru dimulai pada pukul 8 pagi dan setelah pukul 8 malam tidaj usah memakan apapun.

Memasak dengan kunyit
Tak hanya garam atau merica yang harus dimasukkan ke masakan, melainkan kunyit juga perlu. Kunyit adalah salah satu zat paling anti-inflamasi yang telah terbukti membantu melindungi tubuh dari sejumlah kondisi kesehatan.

Letakkan tanaman lidah mertua di kamar tidur
Selain bentuknya yang terlihat bagus, tanaman lidah mertua dapat memberikan dorongan psikologis. Penelitian NASA menunjukkan tanaman ini sangat efektif membersihkan udara di rumah dari bahan kimia beracun. Sehingga meletakkan tanaman lidah mertua di dalam rumah seperti tempat tidur dapat membantu menjaga kesehatan.

Kalahkan keinginan untuk makan sesuatu alias ngidam
Seringkali orang makan hanya karena lapar mata atau tiba-tiba kepengin sesuatu. Kondisi ini biasanya dikenal dengan istilah mengidam. Tahukah Anda bila mengidam berlangsung hanya sekira 15 menit? Bila keinginan untuk makan muncul, cobalah bertahan selama waktu tersebut. Atasi keinginan dengan berjalan-jalan sebentar selama 7,5 menit dan lakukan aktivitas lain. Dijamin keinginan itu akan hilang.

Dengarkan musik saat berolahraga
Salah satu cara untuk menjaga konsistensi berolahraga adalah melakukannya sambil mendengarkan musik. Penelitian telah membuktikan berolahraga sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan kinerja, motivasi, dan mengurangi gangguan.

Makan sayuran hijau setiap hari
Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, bayam, kol, dan pakchoy mengandung banyak nutrisi antara lain vitamin B esensial, serta vitamin D dan K. Sayuran tersebut juga menyediakan mineral seperti kalsium, zat besi, serat, karotenoid, dan antioksidan."

Percaya pada otak bukan ponsel
Hafalkan tanggal, arah, nomor, dan instruksi lainnya untuk mengurangi risiko terkena demensia sebesar 33%.

Berjalan di luar sebelum sarapan
Cara ini dapat membuat tubuh menggunakan lemak yang tersimpan sebagai energi sehingga terjadi proses pembakaran. Selain itu, jalan-jalan pagi dapat meningkatkan suasana hati, menyalakan sel-sel otak, dan membantu tidur lebih baik.

Pilih camilan sehat
Tidak ada yang salah dengan mengemil. Tapi pilihlah camilan yang sehat, bukan hanya sekadar kalori. Konsumsi camilan yang kaya akan protein, serat, vitamin, atau mineral. Pilihannya seperti kacang-kacangan, yoghurt, buah, atau oatcakes.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...