Penerimaan PNS Kontrak di Simeulue

Tak Ada Titipan Apalagi Siluman

ILUSTRASILambang Simeulue
A A A

SIMEULUE - Awal tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Simeulue melalui sejumlah dinas terkait, telah membuka lowongan pekerjaan pada putra putri terbaik di kabupaten kepulauan itu. Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue misalnya, tanggal 18-21 Maret 2019 lalu telah melakukan penerimaan berkas untuk selanjutnya dilakukan tes bagi calon tenaga pendidik sebagai tenaga kontrak daerah, untuk ditempatkan pada sejumlah sekolah yang ada di kabupaten tersebut. Mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), serta Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jumlahnya mencapai 143 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Simeulue (Kadis), H. Rasmidin, S.Pd, mengatakan. Penerimaan tenaga kontrak guru ini diadakan guna untuk memenuhi sejumlah kekurangan tenaga pengajar di sejumlah sekolah yang ada di Simeulue.

"Untuk memenuhi kekurangan tenaga guru yang ada di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Simeulue, sebab ada beberapa sekolah sangat kurang tenaga pengajarnya, saat ini Simeulue kekurangan guru mencapai 600 orang," jelas Rasmidin

Saat media ini menyinggung isu yang beredar di masyarakat tentang adanya kontrak siluman, bahkan titipan dari sejumlah pejabat di daerah untuk meluluskan pada tes kontrak nanti. Rasmidin menepisnya. Kata dia isu tersebut tidak benar, hanya omongan segelintir orang yang tidak bertanggung jawab. "Itu tidak benar, tidak ada titipan apalagi kontrak siluman," tegas Rasmidin.

Lebih lanjut Rasmidin mengatakan, untuk lolos mengikuti tes yang diadakan, peserta harus berusaha sendiri. Mulai dari melengkapi berkas sampai mengikuti tes yang disiapkan. "Hanya orang terbaik yang berhasil," katanya.

Namun, ia juga tidak menampik adanya orang yang berusaha mendekatinya tiap hari, guna minta untuk dibantu. "Meski ada beberapa orang yang berusaha menghubungi saya, namun saya tidak menaggapinya," tutup Rasmidin.

Hal yang sama dikatakan drg. Farhan, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue (RSUD) yang sedang membuka penerimaan tenaga kontrak kesehatan yaitu, dari sarjana atau S1 sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan jumlah 114 orang. "Saat ini RSUD sedang membuka penerimaan tenaga kontrak untuk ditempatkan di sejumlah bidang yang ada di RS ini," kata Farhan.

Farhan menjelaskan, dalam penerimaan tenaga kontrak daerah yang dibuka untuk umum tersebut, pihaknya melakukan dengan cara profesional, tanpa unsur lainnya. "Penerimaan ini murni dilakukan secara profesional, terbuka, tidak ada titipan pejabat atau hal lainnya," jelas Farhan yang turut diamini oleh Suherman Awal selaku Ketua Panitia Penerimaan.

Lebih lanjut Farhan memaparkan, penerimaan tenaga kontrak ini, diberikan kesempatan yang sama untuk siapa pun, dengan melalui proses yang telah ditetapkan panitia. Tapi bila nantinya ditemukan ada nilai ujian yang sama dengan staf rumah sakit yang sudah lama bekerja tanpa gaji alias bakti hal tersebut akan menjadi pertimbangannya.

"Banyak staf di sini yang sudah cukup lama bekerja, bahkan ada yang sudah bekerja selama delapan tahun, itu kita pertimbangkanlah, sebab kita tidak perlu banyak mengajari lagi," ungkap Farhan.

Untuk diketahui penerimaan tenaga kontrak daerah ini dianggarkan dari dana DOKA Kabupaten Simeulue yang telah mendapat persetujuan dari DPRK setempat, guna meningkatkan mutu pendidikan serta kesehatan sesuai dengan amanat undang-undang dan berkaitan dengan visi misi Bupati Simeulue untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Sumber:modusaceh.co
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...