Danlanud Sultan Iskandar Muda

Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

A A A
Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi, jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak, kami mati muda yang tinggal tulang diliputi debu. Kenang-kenanglah kami.

“Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi, jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak, kami mati muda yang tinggal tulang diliputi debu. Kenang-kenanglah kami.” karya Chairil Anwar.

Merupakan salah satu kutipan puisi pada dinding Taman Makam Pahlawan Peuniti yang dibaca Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Suliono, didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20 D.I. Lanud Sultan Iskandar Muda Ny. Poppy Suliono, Jumat (28/7).

Makna kutipan puisi itu, kata Danlanud Sultan Iskandar Muda, sebagai ajaran bagi generasi muda untuk mengingat, mengenang dan meneladani jasa para pahlawan yang rela memberikan jiwa, raga, waktu dan tenaga untuk kemerdekaan Indonesia. “Jiwa pahlawan adalah jiwa seorang ksatria, maka kita harus mampu meniru dan meneruskan cita-cita pahlawan yang telah menggapai kemerdekaan bagi kita, generasi muda,” ujarnya.

Sebagai bentuk pengabdian generasi muda kepada bangsa dan Negara, salah satunya melalui TNI Angkatan Udara, lanjutnya, dengan memberikan yang terbaik sesuai tugas tanggung jawab di kesatuan. “Seperti membiasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa serta selalu berpikir positif. Karena dengan begitu kita dapat memiliki jiwa dan mental yang kuat,” tegasnya.

Sebagai pimpinan ziarah, Danlanud Sultan Iskandar Muda memimpin penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan peletakan karangan bunga sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa pahlawan dan tabur bunga di tiap makam para pahlawan. “Ini bentuk penghargaan dan penghormatan bagi pendahulu kita yang telah memberikan yang terbaik bagi NKRI,” ujar Danlanud Sultan Iskandar Muda saat menaburkan bunga di atas salah satu makam pahlawan.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala PPTP Kemhan Provinsi Aceh Marsma TNI Eris Widodo Y, (Han), Dankipan C Yonko 469 Paskhas Kapten Pas Iman Kuswandi, Ketua Perhimpunan Putra Putri Angkatan Udara (P3AU) Ibu Amelia Agustina dan pengurus serta siswa-siswi SMK Negeri Penerbangan Aceh. Sebelumnya telah dilaksanakan pembersihan Monumen Pesawat Hawk 200 di Simpang Aneuk Galong, bakti sosial donor darah yang bekerja sama dengan PMI Banda Aceh dan berbagi kasih bersama Warakawuri, ziarah Makam Sersan Mayor Maimun Saleh dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara Ke-70 Tahun 2017.

 

Penulis:Khairol Martua
Editor:AK Jailani
Fotografer:Khairol Martua
Kode:47
Rubrik:AcehFoto

Komentar

Loading...