Selain Sehatkan Tubuh

Susu Juga Bisa Netralkan Mabuk

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

SUSU memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya ampuh dalam menyehatkan tulang, kandungan nutrisinya juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai gejala penyakit hingga keracunan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Okezone rangkumkan 5 manfaat konsumsi susu secara rutin yang wajib Anda ketahui. Seperti dilansir dari berbagai sumber.

Menetralkan mabuk
Susu dipercaya dapat membantu memperlambat penyerapan alkohol ke dalam tubuh. Jadi bagi Anda yang ingin menjaga kestabilan setelah mengonsumsi minuman berlalkohol, segeralah minum segelas susu murni agar pengaruh alkohol tidak menyebabkan sel syaraf dalam otak mengalami kerusakan.

Mengurangi efek keracunan
Banyak yang mengatakan bahwa susu merupakan salah satu obat terampuh untuk mengatasi keracunan. Namun menuru para ahli, susu sebetulnya tidak bisa mengatasi permasalahan tersebut. Hanya saja, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat memberikan efek dilusi atau pengenceran. Seperti diketahui, jika Anda mengonsumsi banyak cairan seperti susu saat keracunan makanan, maka kadar racun di dalam tubuh akan berkurang. Susu juga dapat membantu melapisi dan mencegah timbulnya masalah penyempitan saluran pencernaan.

Memulihkan otot
Seperti diketahui produk dairy seperti susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi yakni, whey dan kasein. Salah satunya dapat diserap dengan cepat oleh tubuh, dan yang lainnya cenderung lebih lama. Ini berarti, tubuh akan mendapatkan sumber protein berkelanjutan setelah selesai berolahraga.Kandungan protein tersebut juga sangat baik untuk memulihkan otot.

Menjaga kesehatan tulang
Anda tentu sudah sering mendengar manfaat susu yang satu ini. Kandungan kalsium dan vitamin D yang terdapat pada susu memang terbukti dapat menjaga kesehatan tulang. Perlu diketahui pula, orang dewasa setidaknya memerlukan kurang lebih 1000 mg kalsium per hari, dan Anda dapat memenuhinya dengan mengonsumsi susi atau keju secara rutin.

Menyehatkan otak
Para peneliti dari Universitas Kansas, Amerika Serikat, mengklaim bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi susu memiliki kadar glutation yang lebih tinggi di dalam tubuhnya. Glutation adalah antioksidan baik yang berfungsi menjaga kesehatan otak. Antioksidan ini juga menghindari sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...