Mitos atau Fakta?

Susu Beruang Ampuh Obati Tipes

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

JIKA ada teman sakit tipes acapkali saran yang terucap adalah perbanyak istirahat serta mengonsumsi susu beruang. Sebuah merek susu yang sering disebut sebagai susu beruang tersebut diklaim ampuh untuk menyembuhkan penyakit tipes, benarkah?

Demam tifoid atau lebih dikenal dengan nama tipes merupakan infeksi demam akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella. Seseorang bisa terjangkit tipes dari makanan dan yang terkontaminasi bakteri tersebut. Gejala tipes umumnya muncul tiga minggu setelah paparan awal infeksi. Adapun gejala penyakit tipes adalah:

Demam yang meningkat setiap hari hingga mencapai 40,5ºC, Sakit kepala, Lemas dan lelah, Nyeri otot, Berkeringat, Batuk kering, Kehilangan nafsu makan, Berat badan menurun, Sakit perut, Diare atau konstipasi, Ruam dan Perut membengkak. Jika tidak diobati, tipes bisa mengembangkanbanyak komplikasi berbahaya yang berakibat fatal.

Salah satu cara penanganan tipes di rumah adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Nah, ada yang bilang bahwa minum susu beruang yang dijual di pasaran bisa membantu menyembuhkan tipes. Apa kata dunia medis seputar nasihat orangtua ini?

Memerhatikan asupan makanan dan kebutuhan cairan pasien tipes adalah salah satu kunci utama kesembuhan. Biasanya, dokter merekomendasikan Anda untuk makan makanan tinggi kalori dan protein. Susu beruang, sama seperti produk susu lainnya, adalah sumber makanan yang memenuhi dua kriteria tersebut.

Satu kaleng susu beruang yang beredar di pasaran memiliki energi total sebesar 120 kilokalori (kkal) dengan rincian sebagai berikut:

7 gram lemak total

6 gram protein

9 gram karbohidrat

115 miligram natrium

Akan tetapi, orang yang sakit tipes tidak boleh minum sembarang susu. Susu yang boleh dikonsumsi orang yang sakit tipes hanyalah susu yang sudah dipasteurisasi.

Pasteurisasi adalah teknik pemanasan susu menggunakan uap panas tekanan rendah untuk mengurangi jumlah patogen penyebab penyakit. Proses ini mampu menghilangkan organisme berbahaya yang biasanya menjadi penyebab penyakit listeriosis, demam tifoid, tuberkulosis, dan difteri.

Nah, susu beruang adalah jenis susu yang sudah melewati proses sterilisasi. Sterilisasi adalah proses pemanasan susu menggunakan suhu tinggi yaitu 110 derajat celcius selama 30 menit untuk membunuh semua kuman dan bakteri di dalamnya. Artinya, susu steril 100% bebas kuman.

Jadi, bolehkah minum susu steril saat sedang sakit tipes?

Baik susu pasteurisasi maupun sterilisasi sebenarnya baik dikonsumsi oleh pasien tipes. Dikutip dari artikel yang dimuat di drhealthbenefits.com susu steril dapat memberikan manfaat untuk penyembuhan peradangan usus akibat penyakit tipes. Pasalnya, susu steril memang lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

Namun belum ada penelitian medis yang cukup kuat untuk membenarkan atau mendukung klaim ini. Terlebih, proses sterilisasi juga memungkinkan sejumlah nutrisi dan vitamin susu ikut hangus. Hal ini tentu dapat merugikan asupan nutrisi yang diperlukan saat Anda sakit tipes.

Kesimpulannya, tidak apa jika Anda ingin minum susu beruang selama tipes untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Akan tetapi, minum susu ini bukanlah satu-satunya cara yang Anda andalkan untuk menyembuhkan tipes. Anda juga harus mencukupi nutrisi dari makanan sehat dan tetap menjalani pengobatan dari dokter.

Susu beruang harus segera diminum habis setelah kemasan dibuka agar bakteri dan kuman di lingkungan tidak sempat masuk ke dalamnya. Susu ini juga tidak dapat bertahan lama setelah dibuka.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...