AFF Suzuki Cup 2016

Survei: 56% Publik Jakarta Yakin Indonesia Juara Piala AFF

FOTO | detik.comTimnas Indonesia latihan
A A A

JAKARTA - Dalam posisi tidak diunggulkan, Indonesia ternyata berhasil melangkah ke final Piala AFF 2016. Sudah sampai babak puncak, Skuad Garuda diyakini bisa jadi juara.

Demikian hasil jajak pendapat yang dilakukan Lembaga Survei KedaiKOPI ( Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia), jelang digelarnya leg pertama babak final AFF Suzuki Cup 2016, Rabu (14/12/2016) besok. Sebanyak 56% yang disurvei, dari total 400 orang, meyakini Indonesia akan bisa menjuarai Piala AFF.

Masih dari survei yang sama, sebanyak 34% menjawab tidak yakin sedangkan 1,5% lainnya ragu-ragu, dan sisanya tidak tahu atau tidak jawab.

Indonesia sudah dikalahkan Thailand 2-4 pada pertemuan di fase grup. Namun begitu skuat besutan Alfred Riedl mampu bangkit untuk kemudian mendapat tiket ke fase knock out meski hanya sebagai runner up. Di babak semifinal Indonesia sukses menyingkirkan Vietnam lewat laga dramatis.

Survei tersebut di atas, dilakukan pada 1 sampai 5 Desember 2016 melalui jaringan telepon dengan metode pemilihan responden, sampling acak sistematis (systematic random sampling). Telesurvei melibatkan 400 responden yang mengaku memiliki KTP Jakarta saat ditelepon ini memiliki margin of error +/- 5%.

Berbeda dengan level Asia Tenggara, responden tidak terlalu optimis saat ditanya kemungkinan waktu Timnas Indonesia akan bisa berlaga di Piala Dunia. Ada 30,75% responden yang menjawab Timnas tidak akan pernah lolos ke Piala Dunia.

Sementara 12,75% responden yang menjawab Timnas Indonesia membutuhkan waktu lebih dari 20 tahun untuk berlaga di Piala Dunia. Responden yang menjawab Timnas perlu waktu 20 tahun ada 13%. Sementara itu 33,75% responden percaya Timnas dapat berlaga di Piala Dunia dalam 10 tahun ke depan. Sisanya, 9,75% memilih tidak menjawab.

Soal pemain nasional yang paling digemari, Bambang Pamungkas berada di posisi teratas. Diikuti oleh Evan Dimas, Andik Vermansyah, Irfan Bachdim, Boaz Solossa dan Christian Gonzales. Untuk pemain internasional, nama Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Ronaldo, David Beckham dan Wayne Rooney disebut responden sebagai pesepakbola favorit.

Sumber:detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...