Flores Timur

Surganya Pencari Virgin Beach

foto | istimewaIlustrasi
A A A

NAMA Flores semakin naik daun sejak beberapa tahun belakangan. Keindahan pantai dan lautannya tak perlu diragukan lagi.

Sayangnya sebagian besar traveler lebih banyak mengeksplor bagian barat pulau Flores. Padahal pantai-pantai di Flores bagian timur juga tak kalah cantik. Malahan pantainya sepi jadi serasa pantai pribadi.

Bagian barat pulau Flores memang lebih ramai dikunjungi seperti Labuan Bajo yang sering dijadikan starting point menuju ke pulau Komodo. Padahal bagian timur pulau Flores juga sama menariknya.

Untuk menjelajah bagian timur pulau Flores saya putuskan naik pesawat tujuan Maumere, sebuah kota di kabupaten Ende. Pesawat yang saya naiki sempat transit di Denpasar, Bali sebelum melanjutkan terbang ke bandara Frans Seda di Maumere.

Dari Maumere, perjalanan dilanjutkan dengan naik mobil selama 4 jam menuju kota Larantuka. Kota yang berada di kabupaten Flores timur ini terkenal sebagai destinasi wisata religi kristiani dan ramai dengan wisatawan saat perayaan paskah maupun kenaikan Isa Al Masih. Perjalanan ke Larantuka sangat lancar karena jalanan sangat terawat dan mulus.

Ternyata Larantuka tak hanya menarik dikunjungi berkat tradisi Santa Semana, dimana warga mengarak patung keliling kota dan melintasi lautan menggunakan perahu. Kota yang bernuansa kota Portugis di masa lampau ini juga memiliki banyak pantai cantik.

Serunya, pantai-pantai di sekitar Larantuka sangat sepi. Selama 9 hari menjelajah Flores bagian timur, saya hanya melihat beberapa warga setempat berada di sekitar pantai. Itupun karena ada kegiatan kerja bakti. Diluar itu suasana pantai sangat tenang, cocok untuk relaksasi. Bonus lagi, pantai-pantai di Flores timur sangat bersih.

Salah satu pantai yang membuat saya terkesan adalah pantai Waimana yang berada persis di pinggir desa Waimana, kecamatan Ile Mandiri. Air laut disini sangat bersih dan jernih. Di beberapa bagian pantai hutan bakau tumbuh subur. Memberi kesan teduh dan asri di sekitar pantai.

Menghabiskan waktu di pantai Waimana terasa sangat menyenangkan. Bermain air terasa seru karena pantainya bersih. Nongkrong juga asyik karena suasananya tenang. Mengamati kegiatan warga desa pun asyik.

Beberapa orang tampak jogging di pinggir pantai saat sore hari. Anak- anak pun senang bermain di sekitar pantai. Kalau anda suka mencari pantai indah nan sepi dari turis, cobalah mengunjungi Flores bagian timur. Dijamin takjub!

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...