Akibat tingginya curah hujan mengakibatkan dua unit rumah warga Kampung Lampahan Timur, Kecamatan Timah Gajah, Kabupaten Bener Meriah tertimbun tanah longsor, Jumat (15/1/2021). Selain itu, satu unit gudang yang berada di dekat rumah ikut tertimbun. Plt Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, Safriadi melalui Kabid Kedaruratan, Anwar Sahdi menyampaikan, dua rumah warga yang tertimbun bagian dapurnya itu yakni rumah, Musliadi dan Muklis yang merupakan Reje Kampung Setempat.

Sumut dan Aceh Diguncang 38 Gempa dalam Sepekan

IstockphotoIlustrasi gempa.
A A A

SUMUT - Stasiun Geofisika BMKG Deli Serdang mencatat terjadi 38 gampa bumi di wilayah Sumut dan Aceh. Gempa terjadi dalam sepekan, dari 27 November hingga 3 Desember 2020.

"Gempa yang terjadi dengan magnitudo bervariasi, yakni terkecil magnitudo 2.0 dan terbesar magnitudo 4.9," kata Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang Teguh Rahayu, Sabtu (5/12/2020).

Gempa dengan kedalaman antara 1 km sampai 140 km, dengan pusat gempa bumi berada di darat dan laut, yaitu 24 kejadian berpusat di darat dan di laut 14 kejadian.

Dari 38 kejadian gempa bumi tersebut, terdapat 1 kejadian gempa bumi yang dirasakan oleh masyarakat.

Guncangan gempa bumi dirasakan pada hari Kamis, 3 Desember 2020 pukul 10:51:00 WIB, dengan M= 4.9, episenter terletak pada koordinat 4.61 LU dan 97.82 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 21 km arah barat laut Kota Langsa, Aceh, pada kedalaman 8 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal aktif.

"Guncangan gempa bumi dirasakan di wilayah Langsa. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan ada truk berlalu," pungkasnya.

Sumber:SUARA.COM
Rubrik:NEWS

Komentar

Loading...