Panitia Pengarah PORA XIII

Sudah 90 Persen Atlet Siap Bertanding

FOTO | HUMAS PP PORA XIII ACEH BESAR Panitia Pengarah PORA XIII dari KONI Aceh rapat dengan panitia penyelenggara (PP) PORA dan Tehnical Delegate cabang olahraga di aula KONI Aceh, Banda Aceh, Rabu (7/11) petang
A A A

ACEH - Panitia pengarah Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII, KONI Aceh memastikan sudah 90 persen keabsahan atlet dari 29 cabang olahraga dan layak bertanding di multi even olahraga empat tahunan di Aceh yang digelar di Aceh Besar, 18 - 25 November 2018.

Panitia Pengarah PORA XIII dari KONI Aceh, T Rayuan Sukma dalam rapat dengan panitia penyelenggara (PP) PORA dan Tehnical Delegate (TD) cabang olahraga di aula KONI Aceh, Banda Aceh, Rabu (7/11) petang menyebutkan, data jumlah kelayakan atlet bertanding di PORA diterima oleh panitia pengarah dan PP PORA dari tehnical delegate.

Rayuan menyebutkan, hanya 10 persen lagi data jumlah kelayakan atlet bermain di PORA yang masih bermasalah dari sejumlah cabang olahraga. "Kita minta kepada tehnical delegate bahwa masalah keabsahan atlet sudah selesai 10 November dan tidak ada toleransi lagi," tegasnya.

Rayuan yang memimpin rapat itu menyebutkan, TD yang berhak dan paling tahu aturan main dan jumlah atlet dan kelas atau nomor yang lolos bertanding di PORA. "Jadi jika ada masalah menyangkut data, jumlah kelayakan atau keabsahan atlet bermain di PORA segera diselesaikan dengan tehnical delegate", ujarnya.

Ia menjelaskan, permasalahan kelayakan atlet tersebut menyangkut umur dan ada yang tidak lolos pra PORA. "Pada prinsipnya atlet yang bermain di PORA adalah yang lolos dari Pra PORA", tegasnya.

Diingatkannya, atlet dari semua cabang olahraga dari 23 kabupaten/kota yang datang ke Aceh Besar nanti harus yang boleh bermain di PORA. Disebutkannya, rapat panitia pengarah, dengan PP PORA dan tehnical delegate, karena untuk mengklarifikasi informasi yang ada selama ini bahwa nama atlet yang muncul main di PORA tidak sesuai dengan data daerah dengan TD. Panitia menerima nama atlet dari Pengurus kabupaten (Pengkab).

Wakil Ketua Umum KONI Aceh Bidang Litbang ini, mengatakan, Panitia PORA hanya menerima data, kelayakan atlet yang boleh main di PORA dari tehnical delegate. Ditegaskannya, pada saat tehnical metting, 18 November tidak lagi membicarakan masalah kelayakan dan keabsahan atlet.

Dalam rapat tersebut dari PP PORA XIII hadir Ketua Harian, Ridwan Jamil SSos MSi, Sekretaris Umum T Dahsya K Putra MAP, juga membahas kesiapan venue (tempat pertandingan), peralatan dan perlengkapan pertandingan. "Harapannya semua dapat mendukung sukses pelaksanaan PORA," pungkas Ridwan Jamil yang juga Kadisparpora Aceh Besar.

Sebutnya, menyangkut dengan venue (tempat pertandingan), peralatan, perlengkapan semua cabang tidak ada masalah, pertandingan siap digelar pada PORA nanti.

Diungkapkannya, ada sejumlah cabang olahraga yang tidak bisa dimainkan di lokasi PORA Jantho Sport City (JSC) sudah diantisipasi atau disiapkan ditempat lain yang memenuhi standar di Wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Sementara dari KONI Aceh hadir Ketua Harian Kamaruddin Abubakar (Abu Razak), Wakil Ketua Drs Bakhtiar Hasan MSi, Bendahara Kennedy Husen dan Pengarah Drs Awaluddin. "Semua Pengprov Cabang Olahraga dapat menyukseskan PORA, dan atlet mampu berprestasi. Karena keberhasilan ini adalah sukses bersama menuju PON 2020 Papua dan PON 2024 Aceh-Sumut," ujar Abu Razak.

Seperti diketahui, multi even olahraga empat tahunan di Aceh ini akan diikuti 4069 atlet dari 23 kabupaten/kota, dengan mempertandingkan 29 cabang olahraga. Sebanyak 29 cabang olahraga yang dipertandingkan di PORA yaitu atletik, anggar, angkat besi, arung jeuram, balap sepeda, balap motor, bulutangkis, dan bola voli.

Selanjutnya ada catur, dayung, drum band, futsal, karate, kempo, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencat silat, renang, sepakbola, sepak takraw, selam, tarung derajat, taekwondo, tenis meja, tenis lapangan, tinju dan basket.

Rubrik:PORA XIII

Komentar

Loading...