Stres Berlebihan Bisa Berdampak Sakit Fisik

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

HUBUNGAN antara kesehatan psikologis dan fisik sangatlah erat. Meski tak ada ganggung fisik langsung tetapi tubuh bisa merasa sakit karena pengaruh pikiran.

Itulah mengapa selain mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, harus ditunjang dengan olahraga atau aktivitas fisik dan membangun kehidupan sosial yang baik.

Hal itu diungkap Mellia Christia, MSi. M. Phil, Psikolog. "Stres memicu sakit kepala, padahal tidak ada pengaruh fisik sedikit pun. Oleh sebab itu, kesehatan harus dipandang secara menyeluruh," ucap Mellia saat ditemui Okezone dalam talkshow bertema Anak Sehat Indonesia.

Selain sakit kepala, terangnya lebih lanjut, stres juga minimbulkan sakit perut. Contoh paling sederhana, mungkin Anda sudah makan, makanannya sehat, tetapi ada dalam kondisi panik.

Nah, situasi psikologis itu akhirnya menimbulkan sakit perut. "Sementara, sebagain orang ada yang mengalami alergi apabila berada dalam kondisi stres. Misalnya gatal-gatal, bersin-bersin, atau flu. Akhirnya, penyelesaiannya pun dibantu dengan obat.

Padahal awalnya karena pikiran. Jadi kesehatan menjadi tanggung jawab secara luas," tutupnya.

Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...