Bertemu Pimpinan DPR,

Sri Mulyani Bahas Trump Hingga APBN

FOTO | ISTIMEWAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
A A A

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati siang tadi berkunjung ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), bertemu dengan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Pertemuan singkat itu membahas kondisi ekonomi pasca dilantiknya Donald Trump sebagai Presiden AS hingga soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Taufik yang ditemui usai pertemuan mengaku kedatangan Sri Mulyani cukup mendadak. Ia mengakui tidak ada yang terlalu istimewa dalam pertemuan yang berlangsung 15 menit tersebut.

"Enggak ada hal yang istimewa," kata Taufik di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Trump memang menjadi salah satu pembicaraan utama. Sri Mulyani menyampaikan beberapa rencana kebijakan yang nantinya mungkin akan direalisasikan Trump serta dampaknya terhadap kondisi Indonesia. Di antaranya adalah tentang rencana pajak dan proteksionis pada bidang perdagangan.

"Pasti kita akan sama-sama mengamati karena apapun situasi global menjadi menarik mana kala kemudian hubungan Amerika dan China jadi cukup renggang. Dalam kaitan mengantisipasi, kita tidak bisa memprediksi bagaimana 100 hari pasca dilantiknya Donald Trump," jelasnya.

Hal lain adalah tentang APBN 2017. Pemerintah masih menarik utang untuk menutupi defisit pada APBN 2017. Sri Mulyani menyampaikan akan berhati-hati dalam menerbitkan surat utang di tengah ketidakpastian.

"Nah inilah tadi tentunya kita mengharapkan defisitnya itu tidak ada lagi. Kan tidak mungkin juga tax amnesty juga tidak ada. Ini harus bagaimana agar sosialisasi kesadaran masyarakat untuk melaksanakan kewajiban pajak," kata Taufik.

Sumber: detik.com
Rubrik: Nasional

Komentar

Loading...