Spurs benamkan Southampton 4-1

FOTO | twitter.com | premierleaguePemain Tottenham Hotspur, Bamidele Alli (kanan), melepaskan tendangan demi mencetak gol ke gawang Southampton dalam laga lanjutan Liga Utama Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Kamis (29/12/2016) dini hari WIB.
A A A

SOUTHAMPTON - Tottenham Hotspur berhasil membenamkan Southampton 4-1 dalam laga pekan ke-18 Liga Utama Inggris di Stadion St. Mary's Southampton, Inggris, Kamis dini hari WIB.

Talenta muda berbakat, Bamidele Alli, meraup dwigol untuk kemenangan Spurs dilengkapi Harry Kane dan Son Heung-min, demi membalikkan keadaan dari ketertinggalan yang diakibatkan gol cepat Virgil van Dijk bagi Southampton.

Kemenangan itu membuat Spurs mengikuti jejak tim-tim unggulan memenagi rangkaian pertandingan di musim Natal alias Boxing Day, sekaligus memantapkan posisi tim besutan Mauricio Pochettino itu di peringkat kelima klasemen sementara dengan raihan 36 poin, menjauh dari kejaran Manchester United (33) satu posisi di bawahnya.

Sementara itu Southampton (24) harus puas tertahan di urutan kedelapan klasemen.

Tuan rumah sempat meraih keunggulan cepat lewat gol Van Dijk pada saat pertandingan baru memasuki menit kedua, setelah bek yang tengah naik daun itu melompat lebih tinggi di antara kerumunan pemain di dalam kotak penalti demi menanduk bola tendangan bebas yang dilepaskan James Ward-Prowse.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama, sebab pada menit 19 Alli berhasil menyamakan kedudukan lewat gol sundulannya. Van Dijk yang seharusnya mengawal Alli, teledor membiarkan talenta muda itu leluasa melompat menyambut bola umpan silang yang dilepaskan Moussa Sissoko yang sempat membentur Nathan Redmond sehingga melambung lebih tinggi.

Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga waktu turun minum, namun tujuh menit memasuki babak kedua Spurs berhasil berbalik unggul 2-1 atas tuan rumah berkat gol sundulan Kane ke area tiang dekat menyambut sepak pojok yang dilepaskan Christian Eriksen.

Lima menit berselang, Southampton harus kehilangan satu pemain dari lapangan setelah Redmond dihadiahi kartu merah langsung oleh wasit Mike Dean saat dianggap melanggar Alli di area terlarang.

Akan tetapi, Kane yang menjadi algojo gagal memanfaatkan kesempatan untuk memperbesar keunggulan dari titik putih, ketika bola tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Upaya Spurs untuk memperbesar keunggulan kembali gagal pada menit 71, kali ini lantaran bola tendangan Eriksen menghantam mistar gawang meski sudah menaklukkan penjaga gawang Fraser Forster.

Percobaan tanpa henti Spurs memanfaatkan keuntungan jumlah pemain akhirnya membuahkan hasil pada menit 86 lewat gol dari pemain pengganti, Son Heung-min. Heung-min, yang baru masuk pada menit 74 menggantikan Moussa Sissoko, berlari melesat ke dalam kotak penalti demi menemui umpan terobosan Eriksen dan melesakkannya ke dalam gawang.

Semenit berselang, Alli mencetak gol keduanya di laga tersebut dengan sepakan kaki kanan sekaligus memastikan kemenangan Spurs 4-1 atas Southampton.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Southampton (4-3-3): Fraser Forster (PG); Cedric Soares, Jose Fonte, Virgil van Dijk, Ryan Bertrand; James Ward-Prowse, Oriol Romeu, Steven Davis (Pierre-Emile Hojbjerg); Nathan Redmond, Jay Rodriguez (Shane Long), Sofiane Boufal (Dusan Tadic)

Pelatih: Claude Puel

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris (PG); Kyle Walker, Eric Dier, Jan Vertonghen, Danny Rose; Mousa Dembele (Harry Winks), Victor Wanyama; Moussa Sissoko (Son Heung-min), Bamidele Alli, Christian Eriksen; Harry Kane (Vincent Janssen)

Pelatih: Mauricio Pochettino

Sumber:antara
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...