SMPN Unggul Sigli Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

FOTO | IstimewaKepala Sekolah SMPN Unggul Sigli | Syahfawi
A A A

PIDIE - Gempa yang mengguncang Aceh, Rabu 7 Desember lalu menimbulkan kesedihan mendalam bagi Aceh. Selain Pidie Jaya, Kabupaten Pidie dan Bireuen juga berdampak akibat gempa 6,5 SR. Namun di balik musibah itu, pendidikan Pidie kembali mendapat kabar bahagia, SMPN Unggul Sigli terpilih sebagai sekolah Adiwiyata Nasional.

Penghargaan tersebut diberikan bagi sekolah yang peduli lingkungan yang dinilai oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Penghargaan tingkat nasional ini, diserahkan oleh menteri Siti Nurbaya dan mendikbud Muhadjir Efendy 13 Desember lalu di gedung Manggala Wanabakti Jakarta, turut hadir mantan Menteri Lingkungan Hidup yang juga pegiat lingkungan Sarwono Kusuma Atmaja, beserta sejumlah pejabat di kedua kementerian tersebut.

Kepala Sekolah SMPN Unggul Sigli, Syahfawi, mengatakan, bahwa sekolahnya mendukung program Sekolah Adiwiyata dengan melakukan kegiatan berbasis lingkungan. Prestasi ini diraih berkat kerja sama antara siswa, guru, komite sekolah, stakeholder lainnya. “Di sekolah kami ada program reduce, reuse, recycle (3R), ada bank sampah, green house, taman obat, taman kelas dan lainnya,” ujar Syahfawi. Rabu 14 Desember 2016.

Ia menjelaskan, SMPN Unggul Sigli, sebelumnya masuk nominasi 10 besar sekolah Adiwiyata pada 2014, kemudian di 2015 meningkat memperoleh juara dua di Provinsi Aceh sebagai sekolah adiwiyata dan pada 2016 ini masuk menjadi salah satu daftar sekolah yang memperoleh gelar sekolah adiwiyata tingkat nasional.

“Sekolah kami baru berdiri enam tahun, dan pemerintah menjadikan SMPN Unggul Sigli, sebagai pilot project, sekolah asrama dan sebagai sekolah rujukan di Kabupaten Pidie untuk SMP dan SMA,” jelas Syahfawi.

Kepala Dinas Pendidikan Pidie, Murthalamuddin, mengucapkan selamat untuk SMP Unggul Sigli, dan berterima kasih kepada Bapedalda Pidie atas dukungan dan bimbingannya, sehingga sekolah ini terpilih sebagai sekolah terbaik dalam pengelolaan pendidikan berbasis lingkungan.

“Kita patut berterimakasih untuk seluruh warga SMP Unggul, atas kerja kerasnya, membawa nama harum bagi Kabupaten Pidie untuk tingkat nasional, semoga menjadi spirit bagi sekolah lain,” ujarnya.

Sumber:mediaaceh.co
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...