Hakim Putuskan

Sidang Praperadilan Setya Novanto Ditunda Minggu Depan

FOTO | ANTARASetya Novanto
A A A
Kita tunda sidang tanggal 7 Desember, Kamis pukul 09.00 WIB,

JAKARTA - Sidang gugatan praperadilan Setya Novanto (Setnov) melawan KPK harus ditunda hingga minggu depan atau 7 Desember 2017 lantaran pihak termohon belum siap. Hal itu diputuskan hakim tunggal Kusno, setelah membacakan surat permohonan penundaan sidang dari KPK. Sedangkan pemohon menganggap permohonan penundaan sidang merupakan kesengajaan KPK.

"Kita tunda sidang tanggal 7 Desember, Kamis pukul 09.00 WIB," kata Hakim Kusno menunda sidang di Pengadilan Negeri Jaksel, Kamis (30/11).

KPK tidak memenuhi panggilan sidang dan hanya menyertakan surat permohonan penundaan sidang selama minimal tiga pekan untuk menyiapkan bukti surat dan administrasi termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait.

Kuasa hukum Novanto, Ketut Mulya Arsana menyebut, sikap KPK meminta penundaan sidang mencederai proses hukum praperadilan yang cepat mengingat sidang dilaksanakan hanya dalam 7 hari. Pemohon meminta hakim untuk melanjutkan sidang atau menunda sidang selama tiga hari. "Pengunduran yang diajukan termohon bertentangan dengan asas praperadilan sehingga tidak ada dasar dikabulkan," kata Ketut.

Menurut pemohon, pihak KPK sengaja menunda sidang. Hal itu menunjukkan lembaga antikorupsi itu tidak beriktikad baik dan melakukan proses yang tidak adil terhadap pemohon yang menguji sah atau tidaknya penetapan tersangka.

Setelah mendengarkan keberatan pemohon, hakim Kusno mengambil sikap menunda sidang sampai sepekan saja. Hakim juga meminta juru sita untuk memberitahukan termohon agar datang pada persidangan selanjutnya.

Pengunduran yang diajukan termohon bertentangan dengan asas praperadilan sehingga tidak ada dasar dikabulkan,
Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...