Donald Trump

Setuju Jual Senjata Rp13,7 T ke Saudi Termasuk 6.500 Rudal

FOTO | Reutersutra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman (kanan) saat bertemu Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Norman Mattis.
A A A
Arab Saudi adalah negara yang sangat kaya, dan mereka akan memberi AS sebagian dari kekayaan itu, semoga dalam bentuk pekerjaan, dalam bentuk pembelian peralatan militer terbaik di mana pun di dunia,

WASHINGTON - Kantor Presiden Donald Trump setuju untuk menjual paket senjata senilai USD1 miliar (Rp13,7 triliun) kepada Arab Saudi. Paket senjata ini mencakup sekitar 6.700 rudal anti-tank buatan Amerika Serikat (AS).

Keputusan Administrasi Trump ini disampaikan kepada Kongres pada hari Kamis waktu Washington, DC. Parlemen memiliki waktu 30 hari untuk bertindak jika mereka ingin menghentikan kesepakatan penjualan senjata tersebut.

Penjualan paket senjata ini juga termasuk dukungan, pemeliharaan dan pasokan suku cadang untuk tank Amerika, helikopter dan peralatan tempur lain yang sudah ada di gudang senjata Arab Saudi.

Pengumuman Administrasi Trump ini muncul dua hari setelah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman bertemu dengan Presiden Trump di Gedung Putih.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS James Norman Mattis mengatakan kepada Pangeran Mohammed bahwa Arab Saudi adalah bagian dari solusi di Yaman, di mana Saudi memimpin agresi militer koalisi Arab yang didukung AS terhadap pemberontak Houthi. Agresi atas permintaan presiden sah Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi ini telah menuai kecaman karena memakan banyak korban sipil.

“Saudi berdiri atas permintaan pemerintah (Yaman) yang diakui PBB, dan kami akan mengakhiri perang ini. Itu adalah garis bawah. Dan kami akan mengakhirinya bukan hanya dengan syarat positif bagi rakyat Yaman tetapi juga keamanan untuk negara-negara di semenanjung (Arab),” kata Mattis, seperti dikutip Fox News, Jumat (23/3).

Pada hari Selasa, Pangeran Mohammed bertemu Presiden Donald Trump di Gedung Putih. Dalam pertemuan itu, Trump menunjukkan gambar senjata Washington yang dijual kepada Riyadh.

Salah satu gambar senjata AS yang ditunjuk Presiden Trump bertuliskan harga USD12,5 miliar. Itu merupakan angka penjualan terbaru senjata Washington kepada Riyadh.

”Tiga miliar dollar, 533 ... juta dollar, 525 ... juta dollar,” kata Trump sambil menunjuk foto-foto senjata tersebut. Dia kemudian berpaling ke Putra Mahkota Saudi dan berujar; ”Itu kacang bagi Anda!”.

Putra Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud tertawa terbahak-bahak atas sanjungan Trump.

Pemimpin Gedung Putih dalam pertemuan itu juga meminta Pangeran Mohammed untuk berbagi kekayaan negaranya dengan membeli banyak senjata buatan AS.

”Arab Saudi adalah negara yang sangat kaya, dan mereka akan memberi AS sebagian dari kekayaan itu, semoga dalam bentuk pekerjaan, dalam bentuk pembelian peralatan militer terbaik di mana pun di dunia,” kata Trump.

”Tidak ada yang mendekati (AS), seperti yang saya katakan sebelumnya, ketika menyangkut rudal dan pesawat serta semua peralatan militer,” kata Trump. ”Tidak ada yang bahkan mendekati kami dalam hal teknologi dan kualitas peralatan, dan Arab Saudi mengapresiasi itu,” katanya lagi.

Tidak ada yang mendekati (AS), seperti yang saya katakan sebelumnya, ketika menyangkut rudal dan pesawat serta semua peralatan militer,” kata Trump. ”Tidak ada yang bahkan mendekati kami dalam hal teknologi dan kualitas peralatan, dan Arab Saudi mengapresiasi itu,
Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...