Kasus peredaran ijazah palsu yang diduga berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah adalah merupakan bom waktu bagi oknum pelaku. “Bagi oknum pelaku kesalahan ini adalah bom waktu, karena kasus yang terbongkar hari ini adalah merupakan ijazah beberapa tahun lalu, dan saat ini sudah ditangani penegak hukum," kata Sekda Bener Meriah, Drs Haili Yoga pada saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Kamis (21/1/2021) “Hari ini kebetulan ditangani oleh pihak berwajib kita berikan ruang kepada mereka agar persoalan ini jangan timbul multi tafsir," ujarnya.

Setiap Daerah Ditargetkan Miliki Madrasah Plus Ketrampilan

BULKHAINILaunching Madrasah Plus Ketrampilan MAN 1 Aceh Utara
A A A

ACEH UTARA - Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh bersama Wakil Bupati Aceh Utara launching Madrasah Plus Ketrampilan MAN 1 Aceh Utara sekaligus membuka Expo di halaman MAN 1 Aceh Utara di Desa Matang Drien Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Senin (30/11/2020).

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Dr H Iqbal MA dalam sambutannya menyatakan Madrasah Plus ketrampilan merupakan program Kementerian Agama Republik Indonesia dalam meningkatkan ketrampilan siswa.

"Untuk tahun 2020, madrasah plus ketrampilan yang sudah disetujui oleh Kemenag RI ada empat sekolah MAN seluruh Aceh yaitu MAN 1 Aceh Utara, MAS Seunuddon, MAN 1 Langsa dan MAN 3 Kota Banda Aceh,"sebut Iqbal.

Dikatakan Iqbal, tujuan madrasah plus ketrampilan untuk meningkatkan ketrampilan siswa sehingga selesai sekolah di Madrasah langsung bisa membuka usaha mandiri serta Usaha produktif dan juga dapat membantu ekonomi serta kebutuhan keluarganya.

"Dengan di Launchingnya Madrasah Plus Ketrampilan dapat mengubah image negatif terhadap Madrasah, dimana banyak anggapan dari masyarakat tamat dari Madrasah tidak ada peluang kerja disebabkan sekolah agama,"katanya.

la juga menyampaikan target kedepan setiap Kabupaten dan Kota di Aceh minimal harus ada satu Madrasah plus ketrampilan.

"Kita juga mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Aceh Utara baik dalam membantu sarana dan dukungan lainnya agar Madrasah Plus Ketrampilan bisa berjalan dengan maksimal,"tambahnya.

Selain itu, dia juga menegaskan agar siswa yang sudah menuntut ilmu di madrasah Plus Ketrampilan juga harus dibekali dengan imtaq dan iptek agar lulusan di madrasah kedepan lebih dipercaya oleh masyarakat Aceh khususnya masyarakat Aceh Utara.

Sementara itu, Kepala Sekolah H Zahiri SPd dalam laporannya menyampaikan, Madrasah Aliyah Plus Keterampilan pada MAN 1 Aceh Utara untuk mengembangkan skill siswa dan terciptanya lapangan kerja yang mandiri bagi alumni sehingga dapat mengurangi pengangguran di Aceh khususnya Aceh Utara.

"Sehingga tamat dari MAN Plus Ketrampilan dapat mandiri serta terciptanya daya saing di bidang pekerjaan untuk membawa harapan yang baik bagi kehidupan sosial bermasyarakat,"ujar Zahiri.

Zahiri juga menyebutkan, program keterampilan yang ada di MAN 1 Plus Keterampilan diantaranya, tata busana, pengelasan, bisnis dan pemasaran, otomotif dan instalasi listrik.

"Dengan adanya program keterampilan tersebut, diharapkan siswa-siswi mampu mengelola dan mengembangkan bakat, minat dan kemampuan masyarakat sesuai dengan program Keterampilan yang dimilikinya,"pungkas Zahiri.

Dalam Launching dan Expo Madrasah Plus Ketrampilan, turut hadir Kakanwil Aceh Dr H Iqba MA, Wakil Bupati Aceh Utata Fauzi Yusuf atau yang akrab disapa Sidom Peng, Kankemenag Aceh Utara, KUA, kepala Madrasah Se-aceh Utara, Muspida plus, Muspika Tanah Jambo Aye.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...