Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Seratus Pasutri di Aceh Selatan Jalani Isbat Nikah

MUHAMMAD ILHAMPasangan suami istri (Pasutri) di Kabupaten Aceh Selatan, menjalani Isbat Nikah
A A A

ACEH SELATAN - Seratus pasangan suami istri (Pasutri) dari berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, menjalani Isbat Nikah, di Kantor Mahkamah Syariah Aceh Selatan, Rabu (05/8/2020).

Acara Isbat Nikah dilaksanakan Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh bekerjasama dengan DSI Aceh Selatan. Kepala DSI Aceh Selatan, Indra Hidayat MAg ikut hadir menyaksikan isbat nikah ini.

Kasie Kerjasama Antar Lembaga, Eksekusi dan Peradilan DSI Aceh Selatan, Hidayatul Mustafith SSos mengatakan, kegiatan isbat nikah bertujuan untuk mengakomodir kepentingan administrasi kependudukan sebagai warga negara.

"Sebagaimana diketahui, masih banyak ditemukan pasangan suami istri yang secara sah telah menikah, namun belum mendapat pengakuan dari negara,"kata Hidayatul Mustafith.

Menurutnya, ada berbagai macam faktor, salah satu diantaranya menikah pada saat konflik yang terjadi di Aceh, dan dari kalangan kurang mampu.

"Isbat nikah yang akan berlangsung dua hari terhitung hari ini dan besok sifatnya "One Day Service" dengan melibatkan tiga layanan sekaligus," jelasnya

Lanjutnya, Sidang itsbat nikah dilakukan Mahkamah Syar'iyah, penerbitan buku akta nikah Kementerian Agama dan penerbitan akta kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Menurut Hidayatul, pelaksanaan isbat nikah sudah dilakulan dari 2012, jumlahnya bervariasi dan terus meningkat, sementara pada tahun 2020 ini 100 pasangan untuk masing-masing kabupaten/kota.

"Isbat nikah ini dilakukan secara terpadu bersama dengan Mahkamah Syariah, Kemenag Kabupaten, Disdukcapil, Dinas Syariat Islam provinsi dan kabupaten,"pungkasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...