Kondisi Terkini

Seputar Pesawat Lion Air Tergelincir di Pontianak

(Twitter/@akbaridheIF)Lion Air Tergelincir
A A A

JAKARTA - Pesawat Lion Air JT-714 tergelincir saat mendarat di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat. Tak ada korban akibat peristiwa itu.

Pesawat yang lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut tergelincir pada Sabtu (16/2/2019) sekitar pukul 15.10 WIB. Saat peristiwa itu terjadi, kondisi di Bandara Supadio sedang diguyur hujan.

"Saya baru dapat telepon, pesawat tergelincir," kata Dirjen Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti saat dimintai konfirmasi, Sabtu (16/2/2019).

Polana menyatakan pesawat over run satu meter di ujung runway 15 Bandara Supadio. Dia mengatakan saat ini lokasi sedang hujan deras dan petugas sedang mengecek kondisi pesawat yang dipiloti oleh Capt Saptono tersebut.

"(Over run) Satu meter dari ujung runway," ujar Polana.

Pihak Lion Air menyebut ada 7 kru serta 180 penumpang dewasa dan 2 bayi di dalam pesawat yang tergelincir itu. Para penumpang tersebut sudah dievakuasi ke terminal bandara.

Pesawat berjenis 737-800NG registrasi PK-LPS itu pun dinyatakan laik terbang oleh pihak Lion Air. Lion pun meminta maaf atas insiden tersebut.

"Sebelum dioperasikan, sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight)," tutur Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas kondisi dan ketidaknyamanan yang timbul," imbuhnya.

Berikut ini laporan awal kejadian yang disampaikan Dirjen Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti:

Tipe pesawat: B737-800NG
Registrasi: PK-LPS
Flight. No.: LNI714
Rute: WIII-WIOO
Tanggal kejadian: 16 Feb 2019
Waktu: 08.10 UTC
Crew: Capt. Saptono
Penumpang: 182 PAX 7 Crew
Cuaca: visibility 1.000 m
Wind: 240/10
Kondisi MOD RA
Runway in use: 15

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...