Blueberry Terbukti,

Sembuhkan Kanker Serviks?

FOTO | ISTIMEWABlueberry Terbukti Bantu Sembuhkan Kanker Serviks?
A A A

Terapi radiasi menggunakan sinar X berenergi tinggi dan partikel lainnya seperti sinar gamma berguna untuk menghancurkan sel kanker. Untuk beberapa jenis kanker, seperti kanker serviks stadium akhir, radiasi adalah pilihan pengobatan yang baik.

Yujiang Fang, M.D., Ph.D Peneliti

KANKER serviks merupakan salah satu penyakit paling berbahaya yang mengancam kaum wanita karena bisa menyebabkan kematian. Salah satu perawatan umum untuk kanker serviks adalah dengan cara radiasi.

"Terapi radiasi menggunakan sinar X berenergi tinggi dan partikel lainnya seperti sinar gamma berguna untuk menghancurkan sel kanker. Untuk beberapa jenis kanker, seperti kanker serviks stadium akhir, radiasi adalah pilihan pengobatan yang baik." ujar Yujiang Fang, M.D., Ph.D., seorang profesor tamu di Sekolah Kedokteran MU dan penulis utama studi tersebut.

Namun, terapi radiasi yang berfungsi menghancurkan sel kanker juga berdampak buruk karena turut menghancurkan sel sehat lain di sekitarnya. Belum lama ini, University of Missouri School of Medician telah mempelajari sel kanker manusia tersebut dan ditemukan bahwa buah blueberry bisa menyembuhkan kanker dengan lebih aman.

Buah blueberry yang mengandung antioksidan tinggi diketahui sangat baik dalam menjaga kesehtan kulit dan juga mencegah kanker. Dilansir dari Medicalxpress, penelitian yang telah dilakukan tersebut mempelajari ekstrak yang terkandung dalam buah blueberry.

Ternyata, buah blueberry mengandung resveratrol yaitu semacam radiosensitizer yang dianggap bisa menjadi penyembuh kanker serviks dengan efektif. Perlu diketahui radiosensitizer adalah bahan kimia yang dapat membuat sel kanker cenderung merespon terapi radiasi dengan lebih baik.

“Selain resveratrol, buah blueberry juga mengandung flavonoid. Flavonoid adalah bahan kimia yang memiliki antoksidan, anti inflamasi dan sifat anti bakteri.” lanjut Fang. Dalam penelitian tersebut, beberapa kelompok yang terdiri dari orang yang mengidap kanker serviks diberikan berbagai macam terapi yang berbeda. Ada yang menggunakan terapi radiasi, dengan menggunakan ekstrak blueberry, dan juga kombinasi dari radiasi dan ekstrask blueberry.

Tim penelitian tersebut menemukan hasilnya yaitu sebanyak 20% jumlah sel kanker turun untuk kelompok yang menggunakan terapi radiasi. Menariknya, kelompok yang hanya menggunakan ekstrak blueberry berhasil mencapai penurunan sel kanker sebanyak 25%. Hal ini berarti bahwa ektrak blueberry dapat membantu meningkatkan efektifitas dalam terapi radiasi karena membunuh sel kanker lebih signifikan.

“Blueberry sangat umum ditemukan di seluruh dunia. Buah ini mudah diakses dan juga murah. Sebagai pilihan pengobatan alami untuk meningkatkan efektivitas terapi yang ada, saya merasa mereka akan menerima dengan antusias.” tutup Fang.

Dr. Fang juga menyarankan kepada para penderita kanker serviks yang telah menjalani terapi radiasi untuk rutin mengonsumsi blueberry karena diyakini dapat membantu proses penyembuhan penyakitnya.

Selain resveratrol, buah blueberry juga mengandung flavonoid. Flavonoid adalah bahan kimia yang memiliki antoksidan, anti inflamasi dan sifat anti bakteri.
Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...