Sudah Pernah Kunjungi?

Sembilan Obyek Wisata Unik Ini Hanya Ada di Indonesia

FOTO | pixabay.comPulau Komodo
A A A

PESONA keindahan objek wisata di Indonesia bisa dikatakan tidak kalah saing dengan objek wisata di luar negeri. Malah kalau berbicara tentang fenomena alamnya, objek wisata di bangsa ini bisa menjadi juara. Hal ini tidaklah mengherankan karena ada beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Okezone telah merangkum tempat wisata unik yang ada di Indonesia dari berbagai sumber, Sabtu (18/8/2018). Berikut ulasannya:

Kawah Ijen


Banyak objek wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan kawah, tapi tidak ada yang seistimewa Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana ada sebuah fenomena cahaya biru atau blue fire yang bisa dilihat wisatawan menjelang dini hari. Fenomena ini dijamin akan membuat siapa saja yang melihatnya terpukau.

Pulau Komodo


Penetapan Pulau Komodo sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO tentu tidak terjadi begitu saja. Alasannya karena pulau ini menawarkan keeksotisan dan keindahan di setiap sudutnya. Di sana wisatawan dapat melihat komodo yang dipercaya sebagai salah satu keturunan dinosaurus. Belum lagi ada pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda.

Desa Trunyan


Hingga kini Bali masih menjadi destinasi favorit. Tapi objek wisata andalannya bukan hanya pantai. Cobalah berkunjung ke Desa Trunyan di daerah Kintamani. Di sana wisatawan bisa merasakan hawa mistis yang sangat kuat dari pemakaman tradisional. Sebab di sana jenazah tidak dikubur di dalam tanah melainkan dibiarkan begitu saja dan hanya ditutup dengan kain putih serta dikelilingi oleh kayu sebagai penutupnya. Meski begitu, wisatawan yang datang tidak akan menyium aroma mayat karena diserap oleh pohon Taru Menyan.

Gua Gong


Berbeda dengan kebanyakan gua pada umumnya, Gua Gong di Pacitan, Jawa Timur menawarkan keindahan panorama bawah tanah yang unik. Selain ada stalaktit dan stalakmit, di dalam gua ini banyak batuan yang bisa mengeluarkan bunyi gong yang menggaung. Ada pula kain gorden atau shawl drappery yang membentang tinggi. Saat suasana hening, semuanya terasa lebih menakjubkan bila mendengar tetes air dengan ritme teratur dan terkesan magis.

Danau Kakaban


Kalimantan Timur mungkin belum menjadi destinasi favorit wisatawan lokal. Namun pesona objek wisata di sana tidak kalah indah. Wisatawan dapat mengunjungi Danau Kakaban terletetak di tengah Pulau Kakaban, Kabupaten Berau. Di danau itu, wisatawan bisa melakukan snorkeling dan memiliki kesempatan bertemu beragam biota laut termasuk ubur-ubur.

Kawah Dieng


Berbeda dengan Kawah Ijen yang memiliki blue fire, keunikan Kawah Dieng adalah lokasinya yang bisa berpindah-pindah pada periode waktu tertentu. Hal inilah yang membuat kawah dinamakan Sikidang yang diambil dari nama hewan yaitu Kidang (Rusa) karena suka melompat dari satu tempat ke tempat lain. Suhu di sana juga bisa minus derajat loh, mirip seperti di negara 4 musim.

Danau Toba


Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Sumatera Utara tidak menyempatkan waktu ke Danau Toba. Danau tekto-vulkanik ini memiliki keunikan karena di tengahnya ada sebuah pulau bernama Samosir. Ada cerita rakyat yang begitu melegenda di danau ini mengenai asal usul pulau tersebut.

Gunung Kelimutu


Keindahan alam di Nusa Tenggara Timur memang sudah tidak diragukan lagi. Di sana ada gunung berapi bernama Gunung Kelimutu. Terletak di Pulau Flores, keunikan gunung ini adalah adanya tiga buah danau di atasnya dan diberi nama Danau Tiga Warna. Ketiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Warna danau juga bisa berubah tergantung kondisi alam.

Kubur Bayi Passiliran


Tana Toraja, Sulawesi Selatan terkenal dengan objek wisata pemakamannya. Salah satunya adalah Kubur Bayi Passiliran, di Kambira. Keunikannya adalah tradisi masyarakat sejak dulu yang memasukkan jenazah bayi ke batang pohon Tarra bila belum memiliki gigi. Pohon ini dipilih karena memiliki kandungan getah yang sangat tinggi dan dianggap sebagai pengganti susu dari ibunya. Mereka percaya bila penguburan dengan cara ini akan memasukkan bayi ke rahim ibunya untuk kembali dilahirkan.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...