Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Sapi Milik Pemerintah Kurus Kering

Selain Hibah, Dewan Sarankan Sapi di UPTD Saree Agar Dilelang

AK JAILANI Anggota Komisi II DPR Aceh, Sulaiman,SE saat meninjau UPTD IBI di Saree, Aceh Besar
A A A

BANDA ACEH - Dalam sepekan ini masyarakat dihebohkan dengan pemberitaan sapi kurus milik Pemerintah Aceh. Ratusan ekor sapi diketahui dalam kondisi kurus kering. Bahkan, banyak sapi yang mati karena diduga kekurangan pakan.

Pemeliharaan sapi-sapi tersebut dikelola oleh Dinas Peternakan Aceh melalui UPTD IBI Saree, Aceh Besar.

Setelah isu sapi kurus viral dalam berbagai pemberitaan media pers. Komisi II DPRA memanggil Dinas Peternakan Aceh selaku mitra kerja pada Senin (8/6).

Disana kedua belah pihak membahas permasalahan tersebut untuk mencari jalan keluar (solusi). Salah seorang Anggota DPR Aceh dari fraksi Partai Aceh, Sulaiman SE mengaku sempat menawarkan salah satu opsi kepada Pemerintah (Disnak).

Ia memita kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Peternakan agar sapi-sapi di UPTD IBI Saree untuk dilakukan pelelangan. Mengingat sudah kelebihan kapasitas.

Sebab, sapi disana kata dia, diperuntukkan sebagai bahan edukasi (pembelajaran) kepada siswa,maupun pihak lain yang ingin melakukan praktek.

"Jika untuk edukasi cukup 100 ekor saja dengan beragam jenis, selebihnya dilelangkan saja,"kata Sulaiman kepada acehimage.com, Senin (8/6/2020).

Nah, menyangkut dengan belum adanya aturan yang memperbolehkan. Mantan ketua DPRK Aceh Besar ini meminta kepada Pemerintah Aceh untuk segera menyusun aturan. Jika tidak, sapi disana hidup dalam kondisi memprihatinkan.

"Aturan kan tinggal dibuat saja," cetus politisi Partai Aceh dengan ucapan singkat.

Selain lelang, Komisi II DPR Aceh dalam rapat degan Dinas Peternakan Aceh juga mengusulkan supaya sapi di UPDT IBI Saree agar dihibahkan ke Dinas Peternakan Kabupaten Kota di Aceh.

"Karena sapi disana kan untuk edukasi, kalau untuk edukasi tidak perlu banyak, kalau dalam jumlah banyak bukan lagi edukasi itu sudah mengarah ke bisnis, sementara UPTD tidak dibolehkan untuk berbisnis," terang Sulaiman.

Dengan adanya dua opsi, sambung Sulaiman, Pemerintah Aceh tinggal memilih opsi mana bisa untuk dijalankan, sehingga sapi di UPTD IBI Saree dalam waktu cepat segera terdistribusi.

"Pak Gubernur tinggal memilih opsi mana," ujarnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...