Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Sektor Pertanian Miliki Peranan Penting dan Strategis

ISTIMEWAPanen perdana padi musim tanam gadu tahun 2020 di Desa Malaka, Kecamatan Klut Tengah, Rabu (18/11/2020).
A A A

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan Tgk Amran melakukan panen perdana padi musim tanam gadu tahun 2020 di Desa Malaka, Kecamatan Klut Tengah, Rabu (18/11/2020).

Dalam kegitan tersebut selain Bupati Aceh Selatan turut juga hadir forkopimda, anggota DPRK, OPD terkait dan unsur muspika serta undangan lainnya.

"Untuk masa panen raya padi musim tanam gadu tahun 2020, disebabkan kita menyadari bahwa sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam memajukan perekonomian masyarakat," Kata Bupati Aceh Selatan Tgk Amran.

Lanjutnya, diperlukan dukungan lintas sektor guna kemajuan pertanian, sehingga dapat mengangkat kesejahteraan petani.

"Meskipun di tengah masa pandemi covid-19, kita terus melakukan langkah produktivitas pangan yang signifikan, agar ketahanan pangan di daerah kita dapat tercapai sesuai dengan program ketahanan pangan nasional,"tambahnya.

Ia berharap kepada dinas terkait agar terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan serta melanjutkan program tanam serentak, agar petani tidak mengalami gagal panen.

"Kami mengucapkan selamat kepada para petani yang telah berhasil mengolah sawah sehingga menghasilkan butiran-butiran padi yang menguning untuk dipanen, kami juga mengapresiasi kerja keras para petani, gapoktan, penyuluh pertanian, pemerintah kecamatan, pemerintah gampong, dinas terkait, dan seluruh pihak yang telah membantu petani sehingga dapat terlaksana,"tutupnya

Sebelumnya, Kepala Mukim Telaga Batu Menggamat Husin, meminta kepada Pemkab Aceh Selatan untuk dapat membangun sarana dan prasarana di Kecamatan Kluet Tengah.

"Termasuk peningkatan jalan untuk akses transportasi yang akan menstimulus perekonomian masyarakat,"pungkasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...