Sabang Dilanda Cuaca Ekstrim

Sejumlah Pohon Tumbang

FOTO | Jalaluddin ZkyPohon Tumbang
A A A

SABANG - Dalam beberapa hari terakhir cuaca ekstrim melanda kawasan pulau Sabang, akibatnya sejumlah pohon kayu tumbang, dan menutupi sebagian jalan menuju kawasan wisata.

Pada hari Senin 18 Juni 2018, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, melaporkan terkait cuaca ekstrim yang melanda pulau Sabang.

Keterangan petugas BPBD Kota Sabang Awi, akibat cuaca ekstrim ada beberapa titik terjadi pohon tumbang dan maupun tiang listri yang patah. Kata Awi.

Awi menjelaskan sejumlah pohon yang tumbang yang terjadi di Jalan menuju ke kawasan wisata Gapang Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya. Kemudian pohon tumbang menimpa rumah Anto di Jurong Bakaran Batu Gampong Cot Ba'U Kecamatan Sukajaya kondisi rumah rusak.

Pohon tumbang juga terjadi di Jurong Tapak Gajah Gampong Kuta Ateuh Kecamatan Sukakarya Kota Sabang menimpa rumah Ayi Jojon, kondisi rumah rusak ringan.

Selain itu, tiang listrik solar cell tumbang didepan Kantor Pos mengakibatkan beberapa lokasi pedagang musiman terganggu.

Selanjutnya tumbangnya tiang Banner Clean dan Green milik Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

Yang terakhir tumbangnya pohon di arena Taman Kuliner Jurong Kebun Merica, Gampong Kuta Barat Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Akibatnya, kabel listrik berserakan di jalan, dan arus listrik terputus ke wilayah itu,
tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, jelasnya.

Sementara utu Samsu Rizal (Kabid Rehab Rekon BPBD Sabang /Ketua Regu Piket BPBD hari ini 18 Juni 2018) menambahkan akibat hujan dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Sabang dari Pukul 04.00 – 09.00 WIB telah terjadi beberapa titik Bencana Alam.

Seperti tanah longsor di Jalan Utama menuju lokasi Wisata Pantai Iboih, Badan Jalan tertutup total oleh tanah Longsor. Pohon Tumbang yang menutupi jalan Raya dan Rumah Warga dibeberapa titik di Wilayah Kota Sabang

Rumah dan Tempat Usaha (Warung Makanan) Atapnya hancur di terpa angina kencang.

Lampu Jalan raya dan beberapa tiang Listrik Tumbang dikarenakan Hujan dan Angin Kencang. Tiang Banner Clean and Green Tumbang di jalan Malahayati Sabang Fair, Gampong Kuta Barat kecamatan Sukakarya

BPBD Kota Sabang dalam menyikapi terjadinya bencana alam di Wilayah Kota Sabang, terus berkoordinasi dengan Dinas PU Sabang (terkait Alat Berat) dan Dinas Perhubungan dan Dinas serta Instansi terkait untuk melaksanakan evakuasi dan pembersihan lokasi bencana.

Dan juga BPBD saat mendapat Informasi langsung turung kelapangan dan melihat serta melakukan pembersihan langsung di lokasi.

Dikarenakan keterbatasan Personel pekerjaan dibeberapa titik dibantu oleh masyarakat, terang Samsul Rizal.

Diharapkan kepada masyarakat Kota Sabang maupun pengunjung Wisata di Kota Sabang, selalu waspada dengan cuaca seperti ini dan jauhi pohon-pohon yang rawan tumbang serta tanah diperbukitan yang rawan longsor.

Bagi yang liburan dan berwisata dipantai diwaspadai gelombang tinggi dan arus kencang, harapnya.

Penulis:Jalaluddin Z.Ky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...