Pemkab Aceh Besar

Sediakan 28 Unit Mobil Ambulace dan 200 Tenaga Media

FOTO | Humas PP PORA XIIIPara petugas medis sedang memberikan pelayanan langsung kepada atlet PORA dalam mobil ambulans di Komplek Jantho Sport City, Jumat (23/11)
A A A

ACEH BESAR - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar selaku tuan rumah PORA XIII melalui Diskes Aceh Besar melibatkan 200 tenaga kesehatan dan 28 unit mobil ambulans untuk menangani kesehatan atlet di ajang pesta olahraga Aceh empat tahunan yang digelar 16-25 November 2018.

Sekretaris Umum PP PORA XIII Teuku Dahsya K Putra MAP dan Plt Kadiskes Aceh Besar, Lukman SKM, MKes foto bersama petugas kesehatan di Posko Kesehatan PORA di Kota Jantho, Jumat (23/11/2018).

Plt Kadiskes Aceh Besar, Lukman SKM, MKes, mengatakan, ratusan tenaga kesehatan itu terdiri dari dokter, paramedis dan sopir ambulans dari Dinkes Kabupaten dan juga melibatkan tenaga kesehatan Puskesmas seluruh di Aceh Besar.

"Penempatan petugas kesehatan dimulai dari awal pertandingan, pembukaan hingga pelaksanaan penutupan PORA nanti," ujar Lukman saat ditemui di Posko Kesehatan PORA di Kota Jantho, Jumat (23/11/2018)

Kata dia, selain dari tenaga kesehatan dari Dinkes, dalam memberi pelayanan bidang kesehatan du PORA, pihaknya juga diperkuat oleh relawan PMI, Public Save Center (PSC) Aceh dan Kota Banda Aceh. Para relawan ini, mengisi dimana ada kekurangan.

“Setiap venue (tempat pertandingan) terdapat tim kesehatan. Termasuk penempatan tim kesehatan di tempat-tempat para atlet dan official PORA di pemondokan,” ujar Lukman.

Pihak Dinkes juga mempersiapkan kendaraan mobil ambulans sebanyak 28 unit mobil untuk mengangkut atlet ataupun pengunjung yang membutuhkan penanganan perawatan di rumah sakit.

Lukman menambahkan, pihaknya membuka pos pelayanan kesehatan di empat lokasi, tiga diantaranya berada di Kota Jantho dan satu berada di Kecamatan Ingin Jaya.Semua pos pelayanan tersebut siap melayani 24 jam dengan ketersediaan obat yang mencukupi.

Menurut Lukam, pos kesehatan ini tidak hanya melayani peserta PORA, tapi juga melayani semua pihak yang terlibat PORA, termasuk juga masyarakat yang sedang menyaksikan PORA.

"Kita juga menyediakan layanan Call Center 085280745131, agar apa yang digadang-gadang Bupati Aceh Besar bahwa PORA XIII ini menjadi yang terbaik, dàpat tercapai,' demikian Lukman.

ADV

Komentar

Loading...