Sembilan warga Aceh Selatan dilaporkan positif COVID-19 setelah dilakukan uji swab yang dikirim dari Balitbangkes Aceh ke Jakarta. Direktur RSDYA dr Erizaldi MKes SpOg menyampaikan sembilan warga Aceh Selatan yang positif terdiri S (46), l (45),N (46), G (12), A (35), D (25), T (42), M (5), R (24) "Swab secara mandiri yang dilakukan RSUDYA lalu simpelnya dikirim litbankes Aceh, berhubung alat itu sekali pakai sudah habis lalu dikirim ke jakarta hasilnya positif covid 19, ”kata Direktur dr Erizaldi, Minggu (9/8/2020).

Pemerintah

Sebut Demonstran Coba Hancurkan Hong Kong

FOTO | AFP Photo/Anthony WallacePemimpin eksekutif Hong Kong, Carrie Lam, menyebut demonstran mencoba menghancurkan daerah tersebut dengan serangkaian aksi yang masih berjalan hingga hari ini
A A A

JAKARTA- Pemimpin eksekutif Hong Kong, Carrie Lam, menyebut para demonstran mencoba menghancurkan daerah tersebut dengan serangkaian aksi yang masih berjalan hingga hari ini, Senin (5/8).

"Mereka benar-benar meremehkan supremasi hukum Hong Kong dan menekan kota kita, kota yang kita cintai dan kita bangun bersama, ke ambang situasi yang sangat berbahaya," ujar Carrie sebagaimana dikutip AFP.

Ia kemudian berkata, "Saya berani mengatakan bahwa mereka mencoba menghancurkan Hong Kong."

Carrie melontarkan pernyataan ini setelah demonstran menggerakkan aksi mogok massal pada Senin.

Aksi ini diikuti oleh serikat pekerja dari berbagai sektor, mulai dari perdagangan swasta hingga transportasi publik.

Akibat aksi mogok ini, sekitar 100 penerbangan dibatalkan dari dan menuju salah satu kota tersibuk di dunia tersebut.

Sementara itu, di ruas-ruas jalan protokol Hong Kong, para demonstran melakukan berbagai upaya blokade hingga menyebabkan kemacetan total. Aparat pun menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa.

Sebagian demonstran lainnya memblokir akses menuju kereta bawah tanah, membuat para pekerja yang tak ikut unjuk rasa terlantar di stasiun.

"Selama pemerintah tidak merespons, tentu gerakan ini akan terus berkembang," ujar seorang pegawai negeri sipil yang ikut serta dalam aksi tersebut, Leung.

Dalam surat terbuka menjelang demonstrasi pekan lalu, sekelompok PNS menjabarkan tiga tuntutan yang ingin mereka sampaikan kepada Carrie Lam.

Pertama, pencabutan rancangan undang-undang ekstradisi kontroversial yang memungkinkan tersangka satu kasus diadili di luar negeri, termasuk China.

Selain itu, mereka juga mendesak pemerintah untuk tidak menyebut aksi protes besar-besaran selama dua bulan belakangan ini sebagai kerusuhan.

Para PNS juga meminta Carrie membebaskan semua demonstran yang ditangkap, juga mendirikan komisi independen untuk menyelidiki insiden dalam unjuk rasa.

Terakhir, para PNS akan meminta pemerintah untuk segera memulai proses reformasi politik di Hong Kong.

Situasi politik di Hong Kong memang sedang bergolak menyusul serangkaian demonstrasi besar-besaran dalam dua bulan belakangan yang kerap berujung ricuh.

Berawal dari penolakan rancangan undang-undang ekstradisi, demonstrasi tersebut berkembang dengan tuntutan untuk membebaskan diri dari China.

Sumber:CNN Indonesia
Rubrik:DUNIA

Komentar

Loading...