Empat Cara Amankan Akun Facebook

Sebelum Anda Menghapus Akunnya

FOTO | ILUSTRASIIlustrasi
A A A

JAKARTA - Berita kasus bocornya data pengguna Facebook kini masih menjadi topik panas di seluruh dunia. Bagaimana tidak, 50 juta pengguna harus rela data pribadinya diketahui oleh pihak lain yang tidak memiliki hak.

Dampaknya, seruan untuk menghapus akun Facebook pun menggema lewat #DeleteFacebook di berbagai media sosial lain. Maka tak ayal jika nantinya ada ribuan orang yang pada akhirnya menghapus akun Facebook mereka.

Jika Anda salah satu yang ingin menghapus akun Facebook Anda, tak ada salahnya untuk menyingkirkan sementara keinginan tersebut. Pasalnya, Okezone memiliki empat tips untuk mengamankan akun Anda.

Jika penasaran cara apa saja yang bisa Anda lakukan, inilah empat pilihan untuk meningkatkan keamanan Facebook sebelum Anda putuskan untuk menghapus akun Anda, seperti telah dirangkum dari laman Digital Trends.

Unduh Keseluruhan Data Anda dari Facebook
Sebenarnya Facebook memiliki fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunduh dan mem-backup data yang ada di akun mereka. Dan, caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menekan tombol menu di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih “Setting”.

Kemudian, cari dan klik menu “General Account Setting”. Di sinilah Anda akan menemukan pilihan “Download a Copy”. Saat Anda memiliki menu tersebut, maka Anda bisa mengetahui semua data aktivitas di Facebook, termasuk informasi apa saja yang sudah Anda posting, pesan, hingga iklan apa saja yang telah diklik oleh Anda.

Ubah Setelan Privasi Anda
Cara kedua adalah mengubah semua setelan privasi Anda. Caranya pun hampir sama, pertama-tama Anda harus membuka menu Setting lalu cari menu “Privacy”.

Nah di dalam pengaturan ini Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat profil Anda. Kemudian, Anda juga bisa mengatur siapa saja yang dapat meminta pertemanan, melihat daftar teman, hingga melihat foto dan postingan Anda.

Untuk mengatur setelan privasi, Anda hanya tinggal memilih tombol edit dan mengatur satu per satu sesuai keinginan Anda.

Ubah Setelan Linimasa dan "Tagging" di Akun Facebook
Cara selanjutnya adalah mengatur pengaturan linimasa dan tagging. Masih di sekitar menu Setting, Anda juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat linimasa Anda. Selain itu, ada juga pengaturan di mana Anda bisa mencekal orang untuk melakukan tag ke akun Anda.

Cara mengaturnya adalah dengan masuk ke pengaturan “Timeline” dan juga “Tagging”. Di sinilah Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat linimasa dan melakukan tag ke Akun Anda.

Cekal Aplikasi Pihak Ketiga
Kebocoran data yang terjadi di Facebook dikatakan bisa terjadi lewat aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, Anda lebih baik mengecek dan mencekal aplikasi pihak ketiga yang diduga mencurigakan.

Caranya juga mudah, pada halaman Setting di bagian bawah Anda akan menemukan tombol "Apps" atau aplikasi. Dengan mengklik tombol ini Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang memiliki akses pada data pribadi Anda.

Periksa aplikasi tersebut dengan saksama dan matikanlah aplikasi yang kira-kira mencurigakan serta membahayakan.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...