Trump Tunjuk Jenderal Vokal

Sebagai Penasehat Keamanan yang Baru

FOTO | ISTIMEWAPresiden AS Donald Trump menunjuk Letjen Herbert Raymond McMaster sebagai penasihat keamanan nasionalnya yang baru menggantikan Michael Flynn.
A A A

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk Letjen Herbert Raymond McMaster sebagai penasihat keamanan nasionalnya yang baru. McMaster dikenal sebagai seorang perwira militer yang vokal dan kerap menentang atasannya.

McMaster adalah juru taktik militer yang sangat dihormati dan pemikir strategis. Penunjukkannya membuat pengamat terkejut dan bertanya-tanya bagaimana ia akan berurusan dengan Gedung Putih yang dikenal anti kritik.

"Dia sangat dihormati oleh semua orang di militer dan kami sangat terhormat untuk memiliki dia. Dia orang yang mempunyai bakat luar biasa dan pengalaman yang luar biasa," kata Trump wartawan di West Palm Beach di mana ia menghabiskan akhir pekannya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (21/2/2017).

Satu subyek yang bisa membuat Trump dan McMaster bersebrangan adalah Rusia. McMaster berbagi pandangan konsensus di tengah pembentukan keamanan nasional AS bahwa Rusia merupakan ancaman dan antagoni ke AS. Sedangkan pendahulunya, Michael Flynn melihatnya sebagai mitra geopolitik potensial.

Sementara Trump sendiri di masa lalu telah menyatakan kesediaan untuk berhubungan dengan Rusia lebih baik dari pendahulunya, Barack Obama.

Flynn dipecat sebagai penasehat keamanan nasional pada 13 Februari setelah muncul laporan bahwa ia telah menipu Wakil Presiden Mike Pence tentang pembicaraan dengan Dubes Rusia untuk AS. Flynn diketahui telah melakukan kontak dengan Dubes Rusia untuk AS tentang sanksi AS sebelum pelantikan Trump.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...