Ini Reaksi Amerika Serikat

Saudi Cs dan Qatar Putus Hubungan Diplomatik

FOTO | REUTERSKawasan kantor-kantor diplomatik di Qatar. Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan Uni Emirat Arab, pada Senin (5/6/2017) memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.
A A A

Dan jelas mereka sekarang telah menggelegak sampai pada tingkat di mana negara-negara memutuskan bahwa mereka perlu mengambil tindakan dalam upaya untuk mengatasi perbedaan tersebut,

Rex Tillerson Meteri Luar Negeri AS

SYDNEY - Arab Saudi dan negara-negara koalisi Arab seperti Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), dan Mesir telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dengan alasan negara tersebut mendukung terorisme. Amerika Serikat (AS) bereaksi terkait perang diplomatik negara-negara Teluk dengan Qatar tersebut.

Meteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan bahwa dia tidak mengharapkan adanya perpecahan hubungan diplomatik di antara mereka. Tillerson memuji Qatar ikut andil secara signifikan dalam perang melawan terorisme di seluruh dunia.

"Saya pikir apa yang kita saksikan adalah daftar yang berkembang dari beberapa iritasi di wilayah yang telah ada selama beberapa waktu,” kata Menlu Tillerson saat berbicara dalam sebuah pertemuan bilateral dengan pejabat Australia di Sydney pada hari Senin, seperti dikutip dari Reuters.

”Dan jelas mereka sekarang telah menggelegak sampai pada tingkat di mana negara-negara memutuskan bahwa mereka perlu mengambil tindakan dalam upaya untuk mengatasi perbedaan tersebut,” lanjut Tillerson. Dia beharap perseteruan diplomatik ini tak melemahkan kekuatan dalam melawan terorisme.

Mesir menuduh Qatar mengambil sikap anti-Mesir dengan mendukung organisasi Ikhwanul Muslimin yang dinyatakan Kairo sebagai organisasi teroris.

Arab Saudi, Bahrain dan UEA juga menuding Qatar mendukung terorisme dan ikut campur urusan dalam negeri negara lain, yakni Bahrain. Kementerian Luar Negeri Bahrain memberikan waktu 48 jam bagi para diplomat Qatar untuk hengkang dari wilayahnya.

Bahrain juga akan menutup wilayah udara dan pelabuhan yang terhubungan ke Qatar dalam waktu 24 jam setelah pengumuman pemutusan hubungan diplomatik.

“Penangguhan hubungan diplomatik untuk menjaga keamanan nasionalnya,” bunyi pernyataan kementerian itu. Bahrain menyalahkan media Qatar yang dianggap melakukan hasutan untuk melakukan kekacauan.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...