Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk menunda melakukan penataan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh untuk sementara waktu. Ini disampaikan Ibrahim setelah mendengar keluhan dari masyarakat yang selama ini bergantung hidup di daerah tersebut. "Apalagi saat ini, sama-sama kita ketahui sedang Pandemi COVID-19 yang membuat ekonomi masyarakat terpuruk," kata Pria yang akrab disapa Ampon Bram, Kamis (22/10/2020).

Satlinmas Inti se-Kabupaten Bener Ikut Pembekalan

SAMSUDDINAsisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Drs Mukhlis membuka secara resmi kegiatan Pembekalan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Inti se-Kabupaten Bener Meriah
A A A

BENER MERIAH - Bupati Bener Meriah diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Drs Mukhlis membuka secara resmi kegiatan Pembekalan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Inti se-Kabupaten Bener Meriah yang diinisiasi oleh Satuan Polisi Pamong Paraja Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) di Aula Umah Sara pasar Simpang Tiga Redelong Kecamatan Bukit, Selasa, (29/9/2020).

Asisten I Drs Mukhlis yang membacakan Pidato Bupat menyambut positif atas terselenggaranya kegiatan tersebut ,dengan pembekalan pelatihan yang satu hari ini kiranya dapat meningkatkan sikap, mental dan disiplin anggota Linmas dalam melaksanakan tugas yang diemban.

“Tugas ini ada yang resmi dan ada yang tidak resmi (terselubung) sambil meberikan salah satu contoh dengan adanya Qadi liar disalah satu kampung disebuah Kecamatan pada tahun 2019 yang lalu, tapi insyaallah itu bisa diselesaikan, ini adalah tugas bapak-bapak terutama yang ada dikampung tersebut untuk memberantasnya,” ungkapnya.

Lanjutnya, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khususnya anggota linmas maka perlu diadakan pelatihan atau pembekalan untuk mengamankan keamanan dikampung masing-masing khususnya pada pandemik Covid-19 ini. Selama ini hanya ada anggota Linmas Inti yaitu Linmas tingkat Kecamatan jadi harus ada anggota Linmas di tingkat kampung.

“Andai kata ada masyarakat setempat maupun pendatang kalau ada yang melanggar aturan adat istiadat maka anggota Linmas inilah yang pertama didepan dan selanjutnya berkoordinasi dengan dengan aparat Kampung,”tandasnya.

“Fungsi, peran dan tanggung jawab Linmas dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban umum itu sangatlah penting, sehingga dikampung-kampung harus tersedia petugas Linmas yang siap siaga,”tegas Asisten I Drs Mukhlis.

Sementara Ketua Pelaksana yang juga merupakan Kasatpol PP dan WH Kabupaten Bener Meriah Ir Mahmuddin dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Permendagri No. 10 Tahun 2009 tentang penugasan satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum, Permendagri No. 84 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat, ujarnya.

Adapaun tujuan pelaksanaan kegiatan ini kata Mahmuddin adalah untuk meningkatkan kapasitas Satlinmas Inti atau dalam tingkat Kecamatan dalam rangka penyelenggraan dan dalam bentuk satuan perlindungan masyarakat tingkat kampung se-Kabupaten Bener Meriah.

Kegiatan pembekalan Linmas tersebut diikuti oleh 50 peserta dari 10 kecamatan, dan masing – masing kecamatan mengirimkan 5 utusannya, dilakukan selama satu hari penuh.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...