Sebanyak 2.303 calon pengantin di Aceh melaksanakan akad nikah sepanjang April-Mei 2020. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariat Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Hamdan MA. Menurut Hamdan, di tengah masa darurat Covid-19 dan pembatasan larangan akad nikah di luar KUA sejak April-Mei, tercatat 3096 pendaftaran nikah di KUA ----- Memasuki hari ke enam lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, puluhan pekerja bangunan dari Sumatera Utara mulai tiba di Kabupaten Bener Meriah. Hal itu disampaikan Ketua Tim Publik Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bener Meriah Zulkifli Burhanuddin saat dikonfirmasi awak media via seluler, Senin (1/6/2020) ----- Aksi pengerusakan Kantor Reje (Kepala) Kampung di Kecamatan Bukit kembali terulang, dimana sebelumnya dua kantor Reja Kampung di Kecamatan Bukit yakni Kampung Blang Tampu dan Blang Panas diobarak abrik masyarakat disana. Peristiwa itu juga dialami Kantor Reje Kampung Kute Kering Kecamatan Bukit, warga yang didominasi kaum ibu-ibu mengamuk dan memecahkan kaca jendela baigain depan, Senin (1/6/2020)

Sarkawi Jadi Irup Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana

SAMSUDINBupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi
A A A

BENER MERIAH – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah menggelar upacara apel gelar pasukan siaga bencana, yang dilaksanakan di lapangan Babussalam Simpang Tiga Redelong. Rabu (11/3/2020).

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) apel gelar pasukan siaga bencana adalah Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi, yang di ikuti kurang lebih 700 peserta yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, DINSOS, Tagana, Basarnas, Relawan Rapi.

Dalam amanat upacara apel gelar pasukan siaga bencana, Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi menyampaikan, apel kali ini menjadi momentum yang sangat istimewa, pasalnya untuk upacara apel gelar pasukan siaga bencana baru kali ini dilaksanakan di Kabupaten Bener Meriah yang merupakan poros utama.

Menurut Sarkawi, peningkatan partisipasi stakholder kebencanaan beserta masyarakat dinili sanga penting guna menjaga bumi Bener Meriah dari segala macam ancaman bencana.

"Pelaksanaan apel gelar pasukan dalam rangka siaga bencana di wilayah Kabupaten Bener Meriah ini bertujuan untuk mengevaluasi sumber daya manusia yang handal dalam bidang kebencanaan, serta melihat sarana dan prasarana yang dimiliki untuk melaksanakan misi penanggulangan bencana di wilayah kabupaten Bener Meriah,"kata Abuya Sarkawi.

Disamping itu, kegiatan tersebut merupakan konsolidasi untuk membangun sinergitas dan satuan tugas penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Bener Meriah, yang memiliki kemampuan dan kecepatan bertindak dalam mengatasi setiap terjadi bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial.

“Dengan kegiatan gelar pasukan diharapkan satuan Kabupaten penanggulangan bencana kabupaten Bener Meriah yang merupakan gabungan satuan penanggulangan bencana dari TNI POLRI, Pemda dan organisasi peduli bencana dapat lebih mampu untuk bergerak cepat, tepat dan efisien baik pada saat siaga maupun pada tanggap darurat bencana,"cetus Sarkawi.

Oleh karena itu, tambah Sarkawi, setiap personil yang tergabung dalam pasukan siaga ini agar dapat secara aktif melakukan pemantauan.

Sementara itu, Kepala pelaksana (Kalak) BPBD Bener Meriah Abdul Kadir menyampaikan, kegiatan apel siaga bencana yang dilaksanakan hari ini selain mengetahui kesiapan alat-alat yang dimiliki, juga mengetahui jumlah personel yang ada dan ini sangat penting dilakukan.

“Kita bukan meminta bencana tapi kita harus siap siaga bencana, untuk itu melalui apel siaga bencana ini kita dapat mengukur kekuatan kita untuk menghadapi bencana," katanya.

"Terkait peralatan kebencanaan, memang belum maksimal namun sebagian besar sudah tersedia. Namun kita berharap kedepan lebih baik lagi sehingga bencana apapun yang terjadi dapat kita hadapi. Untuk itu kita berharap ada penambahan damkar,"pinta Abdul Kadir

Dari pantuan ACEHIMAGE.COM, usai melaksanakan upacara apel gelar pasukan, Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi didampingi Kapolres Bener Meriah AKBP Siswoyo Adi Wijaya SIK, Kepala Kejaksaan negeri Bener Meriah Agus Suroto SH MH, Wakil II DPRK Bener Meriah Anwar, Ketua MPU Bener Meriah Tgk Almuzani, Para personel TNI, Polri dan para Kepala SKPK memantau peralatan dan perlengkapan penangulangan bencana, baik milik BPBD, TNI/Polri, Dinsos.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...