Rehat Sejenak saat Menjalani Diet,

Sangat Efektif Turunkan Berat Badan!

FOTO | ThefinancialdietIlustrasi
A A A

PERNAHKAH Anda berada dalam suatu kondisi sudah menjalankan program diet dalam jangka waktu lama tapi berat badan yang turun hanya sedikit? Jika iya, bisa jadi Anda terlalu lama diet. Sebuah fakta baru-baru ini mengungkapkan bahwa sebenarnya tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat dari diet guna menjaga sistem metabolisme.

Peneliti dari University of Tasmania melakukan penelitian terhadap 36 orang pria yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta menjalani diet selama 16 minggu tanpa jeda. Sedangkan kelompok dua minggu diminta menjalani diet dan beristirahat selama 2 minggu sekali. Tentu kelompok yang kedua menjalani diet dengan waktu lebih lama.

Setelah diamati selama 30 minggu, ternyata pria yang berada di kelompok dua lebih banyak kehilangan berat badan dibandingkan pria yang berada di kelompok pertama. Pria di kelompok kedua kehilangan 14 kg sedangkan di kelompok pertama hanya 9 kg. Memang hasil temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut karena peserta penelitian masih sedikit.

Akan tetapi, para peneliti percaya temuan ini disebabkan oleh ‘reaksi kelaparan’. Reaksi tersebut terjadi karena tubuh mendinginkan atau mengistirahatkan metabolisme saat asupan makanan dikurangi.

Menurut seorang ahli gizi olahraga, Leslie Bonci, istirahat dari diet juga patut dicoba dari sudut pandang psikologis. Leslie mengatakan, "Ketika orang dalam mode diet, energinya bisa terkuras. Hal itu membuat segi psikologis melemah setelah beberapa saat diet dilakukan. Mengambil istirahat dalam diet dapat mendorong seseorang meraih kesuksesan dalam diet. Selama beristirahat setelah dua minggu diet, seseorang harus kembali fokus dengan komitmennya untuk diet.”

Dengan tetap fokus, seseorang juga harus memperhatikan asupan makanannya. Istirahat dari diet bukan berarti orang tersebut bisa makan sesukanya. Sebagai contoh, saat sedang istirahat jangan dijadikan kesempatan untuk makan camilan manis seperti kue dan es krim secara berlebihan. Makanan harus sama seperti sebelumnya saat sedang mempertahankan berat badan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah makan dengan porsi seimbang. Demikian seperti yang dilansir dari Bicycling.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...