Bupati Aceh Besar

Sambut Kirab Obor Asian Games di Lanud SIM

FOTO | MariadiAceh Besar Ir Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda Aceh Besar menyambut obor Asian Games yang dibawa Tim Indonesia Asian Games Organizing Commitee (Inasgoc), di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar Selasa (31/7/2018).
A A A
Asian Games adalah Martabat Bangsa dan Semangat Kita, Mungkin kita tidak dapat lagi menyaksikan lagi seumur-umur Asian Games di Indonesia setelah sebelumnya di era Soekarno tahun 1962

ACEH BESAR - Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda Aceh Besar menyambut kirab obor Asian Games yang dibawa Tim Indonesia Asian Games Organizing Commitee (Inasgoc) di Kabupaten Aceh Besar.

Api Asian Games XVIII 2018 yang diterima langsung Mawardi Ali setelah turun dari pesawat Hercules TNI AU yang mendarat tepat pukul 9.20 WIB yang terbang dari Banjarmasin, di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa (31/7/2018).

Usai turut dari pesawat tim Inasgoc pembawa api obor disambut seurune kalee dan langsung dipeusijuk (tepung tawar-red) oleh Bupati Aceh Besar, Kadispora Aceh Darmansyah MM, dan Danlanud SIM Kolonel Nav Indrastanto Setiawan SSos.
Peusijuek sebagai bentuk penyambutan adat Aceh untuk mendapatkan berkah dan keselamatan dalam perhelatan Asian Games 18 Agustus hingga 2 September 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Dalam rangkaian acara tersebut turut hadir Sejumlah unsur Forkopimda Aceh Besar, yakni Ketua DPRK Sulaiman SE, Sekdakab Drs Iskandar MSi, Dandim 0101 BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, Kajari Aceh Besar Mardani SH MH, Ketua Mahkamah Henni Nurliana, SAg MA, Kadisparpora Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi, Kabid Olahraga Disparpora Aceh Besar T Dahsya K Putra, Kabag Humas dan Protokol M Basir SSTP MSi serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Aceh Besar.

Setelah Prosesi peusijuk yang dilakukan oleh Mawardi Ali, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih telah dipercaya menyambut Obor Asian Games di Aceh, karena tidak semua provinsi di Indonesia rute Kirab Obor Asian Games, namun Aceh Besar adalah salah satu daerah yang dipercaya menyambut Obor Pesta Olah Raga paling bergengsi di tingkat negara-negara Asia.

"Asian Games adalah Martabat Bangsa dan Semangat Kita, Mungkin kita tidak dapat lagi menyaksikan lagi seumur-umur Asian Games di Indonesia setelah sebelumnya di era Soekarno tahun 1962, " ungkap Mawardi.

Pada kesempatan itu, Bupati Aceh Besar menyatakan event Asian Games ini juga menjadi motivasi Aceh Besar yang juga tahun ini menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Aceh (PORA) Ke 13 Aceh yang akan dilaksanakan di Kota Jantho pada 18 hingga 25 November 2018," pungkas Bupati Mawardi Ali.

Begitupun, dirinya beserta seluruh masyarakat Aceh Besar mendukung penuh agar Indonesia menjadi penyelenggara Asian Games Ke 18 ini yang terbaik sepanjang sejarah. "Semoga api Asian Games terus bergelora dan membakar semangat atlet Indonesia serta kami masyarakat Aceh mendoakan agar Indonesia selaku tuan rumah Asian Games ini sukses menjadi tuan rumah dan sukses mengukir prestasi," pungkasnya.

Selanjutnya, Bupati Mawardi Ali bersama seluruh unsur Forkopimda dan Tim Torch Relay mengarak Obor Asian Games menuju Museum Aceh disambut marching band dan selanjutnya diterima oleh Walikota Banda Aceh untuk diletakkan di box obor berlambang pintoe Aceh dan akan diakhir penyambutan oleh Plt Gubernur Aceh.

Disela-sela kegiatan tersebut, Bupati Mawardi Ali yang juga politisi Partai Amanat Nasional (PAN), kepada wartawan, mengatakan kegiatan estafet kirab Obor Asian Games ini dapat menjadi momentum memperkenalkan Aceh dan destinasi wisata hingga perhelatan pesta terbesar benua Asia, pada 18 Agustus 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Kedatangan api obor hingga pada pelaksanaan Asian Games 2018 dapat di manfaatkan sebagai sarana Aceh memperkenalkan berbagai seni dan budaya serta destinasi wisata yang kita miliki," demikian Mawardi Ali.

Penulis:Mariadi
Kode:47
Rubrik:Aceh Besar

Komentar

Loading...