Putin Kirim 3 Kapal Perang

‘Sambut’ Kapal Perang AS di Baltik

FOTO | east2west newsLiven 551, salah dari tiga kapal perang Rusia yang dikerahkan ke Laut Baltik sehari sebelum kedatangan kapal perang AS USS Carney.
A A A

RIGA — Pemerintah Presiden Vladimir Putin mengirim tiga kapal perang Rusia bersenjata berat ke dekat perairan Latvia, di Laut Baltik. Pengerahan tiga kapal perang Moskow ini sehari sebelum kehadiran kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Carney dengan rudal jelajah di kawasan serupa.

Tiga kapal perang Rusia dikerahkan mulai hari Minggu. Sedangkan kapal perang AS tiba di Laut Baltik pada hari Senin kemarin.

Pihak militer di Riga, Ibu Kota Latvia, mengatakan tiga kapal perang korvet Rusia—Liven 551, Serpukhov 603 dan Morshansk 824—terdeteksi hanya empat mil laut dari perairan teritorial negara tersebut.

Pengerahan tiga kapal perang oleh Putin ini, dianggap Latvia, merupakan aksi terbaru dari serangkaian gerakan yang terkesan menguji nyali negara anggota NATO tersebut.

Ketiga kapal Moskow semula dikerahkan ke St. Petersburg menjelang peringatan perang tahunan Rusia yang jatuh saban tanggal 9 Mei, yang dikenal sebagai Victory Day.

Tapi menurut laporan kantor berita Fontako.ru, tiga kapal perang Rusia itu tiba-tiba pergi lagi untuk ditempatkan di Laut Baltik.

Seorang sumber militer Rusia mengonfirmasi kepada kantor berita RIA Novosti bahwa parade Angkatan Laut di St. Petersburg akan berlangsung sesuai rencana, hanya saja jumlah kapal perang yang berpartisipasi akan lebih sedikit.

Sumber tersebut membantah bahwa kepergian tiga kapa perang Rusia secara mendadak ke Laut Baltik terkait dengan kedatangan kapal perang AS USS Carney.

Dalam parade Victory Day, pemerintah Putin juga memamerkan tentara perempuan wanita yang berbaris di Lapangan Merah Moskow saat Presiden Putin menunjukkan kekuatan Rusia kepada dunia.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...