Enam Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Salah Satunya Remajakan Kulit

FOTO | pixabay.comJeruk Nipis
A A A

JERUK nipis merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya sebagai bahan masakan, jeruk nipis juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meski bentuknya yang kecil, buah ini kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Jeruk ini kaya akan kalium, antioksidan, magnesium, kalsium, vitamin A, B, C dan D.

 

 

Masyarakat Indonesia seringkali mengonsumsi jeruk nipis yang dicampurkan dengan kecap untuk menyembuhkan batuk atau flu. Cara terbaik untuk mengonsumsi jeruk nipis adalah dengan memeras sedikit air jeruk nipis lalu campurkan dengan air hangat. Sebagaimana yang dilansir Okezone dari Healthline, Jumat (12/10/2018), selain dapat mengobati batuk, inilah 6 manfaat dari jeruk nipis.

Meremajakan kulit
Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid yang dapat melembapkan dan meremajakan kulit. selain itu, jeruk npis juga mengandung antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Ini juga dapat membuat kulit tampak lebih sehat. Aplikasikan air jeruk nipis pada wajah. Namun, Anda tidak disarankan terkena sinar matahari setelah mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah. Karena akan menyebabkan phytophotodermatitis atau luka bakar kapur yang menyakitkan.

Meningkatkan sistem pencernaan
Sifat asam dari jeruk nipis membantu air liur memecah makanan agar pencernaan lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang sekresi cairan pencernaan. Jika Anda sedang sembelit, keasaman jeruk nipis dapat membersihkan sistem ekskretoris dan merangsang aktivitas usus. Minum segelas air hangat dengan 2 sendok teh air jeruk nipis 30 menit sebelum makan.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Minum air hangat yang dicampur dengan jeruk nipis dapat membuat Anda tetap sehat. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus penyakit. Jika sedang sakit, jeruk nipis dapat membantu penyembuhan lebih cepat.

Membantu menurunkan berat badan
Manfaat lain dari air jeruk nipis adalah membantu mengontrol berat badan Anda. Asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini juga membantu untuk membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Sempatkan setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga. Pola makan yang sehat juga penting untuk menurunkan berat badan.

Mengurangi resiko penyakit jantung
Jeruk nipis adalah sumber magnesium dan kalium yang baik bagi kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Penelitian yang sedang berlangsung pada senyawa kapur dalam jeruk nipis mungkin dapat menurunkan kadar kolesterol.

Mencegah kanker
Sifat antioksidan dalam jeruk nipis meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan minum air jeruk nipis dapat mengurangi rsiko terkena kanker dan penyakit. Kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dan dapat berkembang di berbagai bagian tubuh.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...